Potensi Pariwisata Alam Di Ngotoko

Rembang, mitratoday.com – Keputusan Kodim 0720 Rembang memilih Dukuh Ngotoko Desa Pasedan Kecamatan Bulu sebagai lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah sangat tepat, salah satu buktinya adalah, TMMD di sana berhasil membuka eksotisme terpendam dari dukuh terpencil (Ngotoko).

Setelah kegiatan pra TMMD digelar dan pelaksanaannya resmi dibuka Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin, Senin (15/10), banyak eksotisme yang sebelumnya tenggelam, menjadi diketahui banyak orang.

TMMD yang digelar, membuat semua mata terbelalak melihat segala potensi Ngotoko yang banyak belum tersentuh, bahkan secara khusus Wakil Gubernur Jateng melihat ada potensi pariwisata alam di sana. Salah satu potensi yang mulai dilirik masyarkat dan juga Pemerintah Desa Pasedan untuk dikembangkan adalah keberadaan Gua Lawa. Gua tersebut berada di lahan terjal masuk Dukuh Ngotoko. Selama ini belum pernah ada sentuhan untuk menjadikannya sebagai sebuah destinasi wisata.

Selain gua, kawasan alam yang masih “perawan” di Ngotoko juga berpotensi dijadikan sebagai kawasan agrowisata. Apalagi, durian khas Ngotoko sebelum ini sudah mulai booming dan menyodok dominasi durian Criwik yang sudah terlebih dahulu dikenal.“Durian merupakan salah satu program yang saya laksanakan sejak 4 tahun lalu. Saat ini hasil sudah mulai dirasakan, dan ke depan cukup potensial dikembangkan menjadi kawasan agrowisata,”kata Kades Pasedan (Bapak Kusman).

Kusman mengakui, salah satu faktor penghambat pengembangan Ngotoko sebagai agrowisata adalah kondisi jalan. Sebelum digelar TMMD, akses menuju ke sana sangat sulit lantaran terjalnya jalan. Oleh karena itu, keberadaan TMMD di Ngotoko akan membantu mendorong pengembangan potensi desa dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi, pertanian, pendidikan dan juga pariwisata di sana.

Pengembangan potensi desa melalui program TMMD, didukung penuh Pemprov Jateng. Saat membuka TMMD, Senin lalu, Wagub Taj Yasin mendorong agar Pemkab Rembang bisa memunculkan inovasi membangun desa dari wilayah penggiran.

“Salah satu yang membuat saya bangga adalah, TMMD sangat intensif mengedukasi masyarakat tentang nilai Pancasila. Saya menangkap semangat desa untuk siap memperkuat benteng perlindungan aksi yang mengancam NKRI,” papar Wagub. (0720)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.