DaerahHeadlineInfoMalang

10 Tahun Vakum, Di Tangan PP Usaha Paving Kembali Beroperasi

Pewarta : Sigit

Malang,mitratoday.com-Kebangkitan ekonomi masyarakat kembali menggeliat, salah satunya seperti yang  ditunjukan Organisasi Pemuda Pancasila (PP) Karangploso. Caranya adalah dengan membuka usaha mandiri Pembuatan Paving di desa Ngenep Karangploso .

Hebatnya, hanya dengan bermodal uang hasil patungan anggota sebesar Rp 10 juta mereka bersiap memproduksi paving .

Ketua PAC PP Karangploso Tri Handoko menerangkan bahwa Mesin pencetak paving pun  adalah hasil kreatifitas anggota PP yang mampu menyulap mesin paving yang mangkrak milik salah satu pengusaha paving H.Lolong  menjadi mesin yang dapat dihidupkan kembali.

Kepada mitratoday.com, Kamis (23/09/2021), Handoko menjelaskan awal pihaknya mampu menyulap mesin mangkrak menjadi mesin yang siap beroperasi kembali. Menurutnya, hal ini tidak terlepas dari campur tangan Camat Karangploso Indra Gunawan.

Menurutnya , sejak menjabat Camat Karangploso , sosok Indra Gunawan dinilai cukup masif merangkul seluruh elemen masyarakat.

“Gak hanya kami saja (PP) banyak organisasi masyarakat yang dirangkul pak Indra, cara pendekatannya juga cukup apik, sehingga hampir semua kalangan mengenal sosok Indra Gunawan,”ungkap Tri Handoko.

Dari keakraban itulah, lanjut Handoko muncul ide untuk membuat sebuah usaha dengan cara memanfaatkan mesin paving milik pengusaha setempat untuk direstorasi sehingga bisa dihidupkan kembali.

Pengusaha paving bernama H.Lolong tersebut kata Handoko memiliki sekitar 10 unit mesin pencetak paving dan semuanya sudah rusak dan mati.

“Akhirnya kita dibantu pak Camat , berkomunikasi dengan pemilik usaha paving, Alhamdulillah diizinkan dengan syarat bisa menghidupkan mesin pencetak paving yang sudah 10 tahun mati tersebut dan satu unit sudah kita restorasi dan bisa nyala,” ujar Handoko

Karena itulah lanjut Handoko , ditahap awal pihaknya akan memulai usaha paving tersebut.

“Kebetulan di Karangploso sendiri banyak berdiri bangunan perumahan dan hotel serta cafe yang bisa dijadikan peluang usaha untuk proses pemasarannya,” Ujarnya.

Lantas kapan akan dimulai, Handoko menyebut sejak senin depan (27/9/2021) usaha tersebut bakal dimulai.

“Mesin yang telah direstorasi , akan mampu memproduksi 16 paving dalam semenit” Jelasnya.

Ia menargetkan di awal, dalam sehari pihaknya bisa memproduksi 100 meter kubik paving.

“Soal pekerja, kita akan berdayakan anggota PP Karangploso, harapannya bisa menjadi sebuah usaha mandiri berbasis masyarakat untuk kembali menggerakkan ekonomi di Karangploso,” ulas Handoko.

Saat ini jumlah anggota PP yang aktif sekitar 100 orang dan rata-rata sudah bekerja diberbagai perusahaan.

Sementara Camat Karangploso Indra Gunawan menyebutkan , apa yang ia lakukan adalah niatan untuk memberdayakan elemen masyarakat agar perekonomian Karangploso pulih kembali ditengah Pandemi Covid.

“Ya, pengabdian masyarakat kan bukan hanya sekedar melayani  saja, tapi juga berusaha membangun ekonomi masyarakat yang sempat terpuruk saat ini. Caranya dengan membentuk usaha berbasis masyarakat secara mandiri seperti yang dilakukan teman- teman dari Pemuda Pancasila ini,”Tuturnya.

Dengan kembali berproduksinya usaha paving tersebut Indra berharap akan tercipta enterpreneur hebat sehingga kehidupan masyarakat segera“Apalagi kan masih ada sekitar 9 mesin lagi yang bisa diperbaiki, jika bisa dihidupkan , gak menutup kemungkinan akan banyak tenaga kerja yang terserap,” Pungkasnya.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: