DaerahHeadlineMalang

14 Desa Di Kabupaten Malang Akan Gelar Pilkades PAW

Malang,mitratoday.com – Sejumlah 14 desa bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu. Pelaksanaan kegiatan itu sendiri kata Asisten Administrasi Pembangunan Setdakab Malang, Drs H Suwadji SH.Msi akan digelar pada tanggal 31 Maret 2022 mendatang.

Suwadji menuturkan, sebenarnya ada 20 desa yang menggelar Pilkades PAW tersebut. Namun terdapat tiga desa yang diketahui terlambat melakukan persiapan, sehingga tidak bisa ikut serta menggelar Pilkades PAW di tanggal 31 Maret mendatang.

“Ketiganya ada di Kecamatan Poncokusumo, sementara tiga desa lainnya yaitu di Sukosari Kasembon dan Pakisjajar karena masa jabatan Kades sebelumnya yang menyisakan tidak lebih dari setahun, maka akan diikutsertakan di Pilkades serentak tahun 2023. Untuk mengisi kekosongan tetap dijabat oleh PJ yang ditunjuk dari Pemerintah. Satu desa yang kades meninggal gak bisa ikut serta karena belum dianggarkan,” kata Suwadji senin (21/3/2022).

14 desa itu sendiri lanjut Suwadji sudah siap melakukan Pilkades PAW dengan mekanisme musyawarah atau Voting. Didalamnya termasuk calon Kades itu sendiri. Kendati demikian, beber mantan Kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bagi desa yang memiliki Calon Kades lebih dari tiga orang, maka sesuai dengan aturan akan dilakukan seleksi tambahan.

Seperti apa seleksi tambahan tersebut, Suwadji merinci seleksi tambahan tersebut seperti usia ,pengalaman kerja dan Pendidikan dan tes tertulis.

“Sementara soal mekanismenya dilakukan lewat Musyawarah atau voting tergantung keinginan masyarakat ya, jika jumlah warga desa nya sekitar 3 ribu jiwa maka perwakilan warga yang ditunjuk untuk mengikuti musyawarah tersebut adalah 201 orang, namun jika lebih dari 4 ribu jiwa maka yang ikut musyawarah sejumlah 251 orang saja,” terang Suwadji.

Soal pengamanan, Suwadji mengungkapkan jika ditanggal 24 Maret mendatang pihak Polres Malang akan melakukan gelar pasukan pengamanan Pilkades PAW tersebut sementara deklarasi Pilkades Damai bakal dilakukan tanggal 23 Maret mendatang.

Kendati demikian Suwadji meminta kepada Cakades peserta Pilkades PAW tersebut untuk tetap berkomitmen menciptakan suasana aman dan kondusif selama Pilkades PAW digelar. Hal ini perlu disampaikan melihat pitensi kerawanan selama Pilkades tersebut.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button