DaerahMalang

14 Kades PAW Resmi Di Lantik Bupati Malang

Malang, Mitratoday.com – 14 orang Kepala Desa (Kades) Pergantian Antar Waktu (PAW) dari 10 kecamatan di Kabupaten Malang dilantik oleh Bupati Malang HM.Sanusi.

Para Kades tersebut merupakan kades terpilih dalam penghelatan Pilkades PAW yang diselenggarakan tanggal 31 Maret 2022 kemarin , rata-rata masa jabatan para Kades tersebut sampai di tahun 2024 mendatang.
Pasca dilantik Sanusi meminta kepada 14 Kades tersebut untuk langsung tune in membangun desanya.
Pembangunan tersebut kata sanusi ,bisa berjalan dengan baik jika Kades terpilih tersebut , mampu merangkul dan membangun komunikasi yang baik dengan berbagai pihak di desanya.

“Gak hanya teman , tapi lawan politik saat pilkades harus dirangkul juga karena sekarang sudah gak jaman nya bermusuhan terus karena Pilkadesnya sudah selesai, yang ada adalah kerja bersama membangun desa,”kata Sanusi.

Untuk itu dirinya meminta kepada Kades terpilih untuk menyisihkan perbedaan yang ada dan fokus untuk membangun ekonomi masyarakat desa. Tujuannya dengan semangat kebersamaan tersebut nantinya kesejahteraan masyarakat didesa akan semakin baik.

Pada prosesi pelantikan yang dihadiri Forkopimda Kabupaten Malang tersebut , terlihat wajah ceria para Kades PAW terpilih. Di tengah bulan Ramadhan mereka terlihat semangat mengikuti prosesi pelantikan Kades PAW tersebut. Bahkan seorang Kades di Pakis menggandeng ketiga istrinya untuk mengikuti prosesi Pelantikan tersebut.

Sementara Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Drs.H.Suwadji.Sip.Msi mengatakan , pasca dilantik 14 Kades tersebut telah dinyatakan definitif . Nantinya mereka , lanjut Suwadji akan menjalankan tugas sebagai Kades hingga habis masa jabatan Kades sebelumnya.

“Kan ada dua yang habis masa jabatannya di tahun 2024 dan ada 12 desa yang masa jabatannya sampai tahun 2025 , artinya masa jabatannya meneruskan dengan masa jabatan kades sebelumnya ,”kata Suwadji.

Sesuai dengan perintah Bupati Malang , Suwadji menandaskan kepada Kades PAW yang baru saja dilantik , untuk langsung tancap gas bekerja melayani masyarakat desanya menyesuaikan dengan rencana program kerja Kades sebelumnya.

Paling utama lanjut Suwadji adalah pengajuan pencairan DD tahap pertama dan pengajuan ADD tahap pertama di Kabupaten Malang. 378 desa kata Suwadji ditunggu pemerintah untuk mengajukan ADD tahap satu hingga hari Senin mendatang. Jika semuanya sudah mengajukan maka ditargetkan sebelum lebaran ADD 378 desa tersebut sudah bisa dicairkan.

Terakhir , Suwadji menjelaskan sejatinya masih ada sekitar 6 desa yang bakal menyelenggarakan Pilkades PAW , namun ada 2 desa yang masa jabatannya Kades nya bakal berakhir di 2023 mendatang sehingga akan dilaksanakan ditahun yang sama .

“Kedua desa tersebut adalah Sukosari Kasembon dan Pakisjajar Pakis. Sementara tiga desa lainnya di Poncokusumo yaitu Nagdireso , Ngebruk dan Karangnongko akan digelar di Bulan Mei mendatang. Sementara satu desa di Wagir yaitu Sukodadi kalau memang sudah direncanakan di APBDesa nantinya bisa melakukan tahapan Pilkades PAW,”pungkas Suwadji.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button