DaerahMalang

14 Perusahaan Di Malang Tercatat Pekerjakan Disabilitas

Pewarta : Sigit

Malang,Mitratoday.com-Sebanyak 14 perusahaan di Kabupaten Malang tercatat memperkerjakan kaum disabilitas.

Kadisnaker Kabupaten Malang Drs.Yoyok Wardoyo Msi menyebut, terbesar perusahaan yang menyerap tenaga kerja disabilitas adalah PR Cakra Guna Cipta Pakisaji. Tercatat sejumlah 28 pekerja disabilitas diperkerjakan di bagian produksi sedangkan di 13 perusahaan lainnya,rata-rata kaum disabilitas yang direkrut kerja berkisar antara 2 hingga 5 orang.

“Soal kinerja, mereka kaum disabilitas ini justru lebih cepat dan cekatan dibandingkan pekerja normal. Artinya kualitasnya kerjanya gak perlu diragukan lagi,”ujar Yoyok Wardoyo senin (12/4/2021).

Yoyok menilai terserapnya pekerja disabilitas di perusahaan tersebut merupakan bentuk kepedulian dunia usaha untuk memberdayakan kaum yang selama ini dinilai terpinggirkan tersebut.

“Kan ini bentuk implementasi dari penerapan UU no 8 tahun 2016 soal keterlibatan disabilitas disektor usaha. Makanya kita sangat apresiasi sekali kepedulian dunia usaha ini,”tandas Yoyok Wardoyo.

Kendati demikian, Yoyok mengaku, dirinya tidak mengenal lelah untuk terus mengajak kalangan dunia usaha memiliki kepedulian sosial terhadap kaum disabilitas, kaum disabilitas bukanlah kaum yang harus dipinggirkan, namun harus diberdayakan, kemampuan kaum disabilitas,ungkap Yoyok Wardoyo tidak kalah dibandingkan manusia normal pada umumnya.

Kepedulian dunia usaha tersebut,beber mantan staf ahli bupati tersebut, tidak hanya berupa memperkerjakan kaum disabilitas, tapi juga ikut membiayai berbagai pelatihan ketrampilan yang dibutuhkan di dunia kerja. Ia mencontohkan seperti yang dilakukan dua Pabrik Rokok yakni PR Gudang Baru dan PR Cakra yang bersedia membiayai pelatihan Persatuan Tuna Netra Indonesia (PERTUNI) Malang Raya.

“Gak lama lagi MS Glow juga akan terlibat di kegiatan sosial kemasyarakatan ini. Sudah ada komitmen awal tinggal nunggu jawaban dari owner, semoga aja terwujud,”tutup Yoyok Wardoyo.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button