163 Ribu Lansia, Masuk Prioritas Vaksinasi Covid-19

Penulis : Sigit

Malang,Mutratoday.com-Pemerintah Kabupaten Malang menargetkan sekitar 163 ribu Lansia di Kabupaten Malang mengikuti vaksinasi Covid-19.

Kendati demikian kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Dr.drg.Arbani Mukti Wibowo, lansia yang boleh menerima vaksin tersebut tidak memiliki riwayat penyakit penyerta (komorbid).

Ini salah satu kriteria dan syarat utama bagi lansia yang bisa menerima vaksinasi Covid-19. Kita berlakukan secara ketat ya, kita antisipasi untuk menghindari resiko efek dari penyakit penyerta,khususnya di usia 60 tahun keatas,”ujar Arbani Mukti Wibowo senin (5/4/2021).

Jika memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditentukan tersebut,lanjut Arbani, pihaknya mempersilahkan bagi para lansia yang akan mengikuti vaksinasi covid tersebut bisa mendaftarkan diri melalui situs resmi Kementerian Kesehatan, www.kemkes.go.id.

“Setelah terdaftar, selanjutnya Dinas Kesehatan Kabupaten Malang akan mendapatkan data tersebut dan menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia,” beber Arbani Mukti Wibowo.

Arbani menjelaskan, lansia mendapatkan prioritas utama vaksinasi covid-19. Hal tersebut lantaran pada kelompok Lansia dinilai sangat rentan terpapar berbagai virus terutama Covid-19.

“Kan harapannya kelompok lansia ini, imunitas tubuhnya akan kuat dan tidak sakit pasca divaksin, makanya yang kita sasar adalah yang tidak punya komorbid,”ulas mantan Direktur RSUD Lawang ini.

Hal yang sama,lanjut Arbani ,berlaku bagi lansia yang bakal menunaikan ibadah umroh /haji di kota Makkah. Pihaknya membuka kesempatan untuk mendapatkan vaksin terlebih dahulu.

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close