Kadivpas Babel : “Lapas Bukan Penjara Jadi Stigma Masyarakat Harus Tahu”

Pangkalpinang, mitratoday.com – Dalam pengartian luas sekarang ini Pradigma yang melekat dimasyarakat haruslah tau tentang penjara dan Pemasyarakatan di zaman ini, hal ini dapat dilihat dari sisi fasilitas yang memang perlu adanya perubahan dalam Lapas itu sendiri.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Bangka Belitung, Hilal menjelaskan, Pradigma selama ini tentang lembaga pemasyarakatan yang dianggap sistem seperti seakan akan hidup tanpa keterbatasan. Stigma dimasyarakat ini haruslah kita sendiri menyampaikan tentang penjara dan pemasyarakatan, Selasa(18/9/18).

Adapun pengartian luas penjara tempat dimana konteks sebenarnya bahwa adanya unsur dendam, “karena penjara itu menitik beratkan adanya unsur balas dendam, sedangkan sistem pemasyarakatan Sekarang ini seperti lembaga pendidikan dan menjadi sebagai warga binaan yang artinya bahwa seseorang itu dilakukan pembinaan,” terang Hilal.

“Jadi stigma masyarakat tidak beranggapan bahwa lapas itu seperti penjara lagi,” tambahnya.

Menurutnya, Standard kelayakan itu semacam suatu lembaga pendidikan karena kita sudah menganut dengan sistem konsep pemasyarakatan yang berbeda dengan sistem kepenjaraan doktrin nya berbeda.

“Jadi putusan pidana itu hanya pada saat hakim ngetok palu dalam putusannya, ketika dia sudah menjadi warga binaan pemasyarakatan, maka disitu dia sudah di layak lagi,” pungkas Hilal. (adi)

Bagikan
Exit mobile version