Diaspora Muda Aceh Adakan Kegiatan Program Mentoring Untuk Tahun Angkatan 2018

Banda Aceh, mitratoday.com – Dengan suksesnya kegiatan mentoring tahun 2017, Diaspora Muda Aceh kembali membuka kembali kegiatan program mentoring untuk tahun angkatan 2018. Kegiatan ini merupakan kegiatan pembinaan secara online yang diperuntukkan pemuda/pemudi aceh tanpa dipungut biaya.

Lidya Veradilla selaku Ketua Diaspora Muda Aceh menekankan pentingnya kegiatan ini bagi siapa saja yang ingin kuliah ke Luar Negeri dan membutuhkan informasi mengenai bagaimana cara mendapatkan beasiswa, melamar ke universitas, juga seluk beluk lainnya mengenai persiapan kuliah ke luar negeri.

Program mentoring diadakan secara online (melalui WA, Telegram, Facebook, ataupun platform Social Media lainnya). Peserta yang telah lolos seleksi tim penyeleksi akan mendapatkan silabus dan materi seputar tata cara menembus beasiswa dan kuliah ke negara yang diimpikan, tugas-tugas yang akan di nilai langsung oleh mentor yang merupakan penerima beasiswa luar negeri, juga dapat berkonsultasi langsung dengan mentor mengenai kendala-kendala yang dihadapi dalam melamar beasiswa.

Pertemuan demi pertemuan menarik akan membahas dan diisi dengan materi beasiswa mulai dari tata cara membuat curriculum vitae (cv), mencari program studi,memperkenalkan dengan profesor yang sesuai dengan kejuruan yang diambil dan mencari kampus tujuan yang sesuai, personal statement, pengenalan beasiswa dan aplikasi beasiswa, academic writing dan persiapan keberangkatan.

Harapannya agar para pemuda/pemudi aceh dapat lebih mempersiapkan diri untuk mantap melangkah sekolah lagi ke luar negeri. Melalui kegiatan ini, diharapkan bagi para pemuda/pemudi aceh akan percaya diri dan mampu bersaing untuk menempuh studi di berbagai belahan dunia dan berkontribusi penuh untuk meningkatkan kualitas pendidikan baik di Aceh maupun Indonesia .

Harapan lainnya tentu agar pemuda/pemudi dapat membangun jaringan intelektual aceh dari berbagai belahan dunia sekaligus menjadi wadah pertukaran ide dan mempererat persaudaraan Aceh di dunia.

Kegiatan Program Mentoring 2018 ini merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk Memperkenalkan bagaimana caranya untul mengembangkan kemampuan Setiap pemuda/pemudi aceh dengan meraih kesempatan berkuliah di luar Negeri, serta memperluas jaringan pemuda/pemudi aceh dan memberikan sosialiasi mengenai pendidikan tinggi di luar Negeri dan beasiswa Internasional.

“Sebagai bagian dari generasi milenial, kami berharap bahwa besarnya penggunaan media sosial, dapat menjadi peluang untuk melakukan kegiatan positif seperti belajar, bersosialisasi serta mempererat silahturahmi maka mari bersama-sama kita sebarkan isu mengenai pentingnya informasi serta persiapan diri sebelum melangkah sekolah ke luar Negeri. Lebih lanjut lagi kegiatan program mentoring ini sudah dimulai sejak tahun 2017 dan dibuka kembali pada september tahun 2018 sampai dengan januari 2019,” tutir Lidya Veradilla.

Sekedar informasi bahwa Diaspora Muda Aceh merupakan jaringan para pemuda/pemudi aceh yang tengah menempuh Studi di berbagai belahan dunia yang ingin berkontribusi membantu pelajar dan mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan mereka dengan meraih kesempatan berkuliah di luar negeri, dan telah berdiri sejak tahun 2016. (Ajie)

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close
Close