DaerahMalang

2 Lagu Trend Warnai Senam Germas Pemkab Malang

Malang,mitratoday.com – Dua lagu yang sedang ngetrend dijagad musik Indonesia mewarnai senam Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di halaman Stadion Kanjuruhan jumat pagi (12/8/2022).

Kedua lagu tersebut masing-masing adalah lagu “Joko Tingkir Ngombe Dawet dan Dibanding-bandingke” yang dikemas menjadi sebuah gerakan senam Germas yang diikuti Bupati Malang Sanusi dan seluruh Forkopimda Kabupaten Malang serta seluruh pegawai Pemkab Malang tersebut.

Senam tersebut kata Sanusi adalah salah satu cara untuk mengajak masyrakat untuk hidup sehat. Tidak hanya sekedar olahraga saja, pola-pola lainnya untuk menjadikan tubuh yang sehat perlu dilakukan.

“Seperti pola hidup yang sehat, makanan sehat dan gizi seimbang dan rutin periksa kesehatan,” ujar Sanusi.

Sementara Plt Kadinkes Mursyidah menjelaskan jika Germas ini merupakan salah satu bagian dari program Smart Health yaitu kewaspadaan terhadap penyakit tidak menular.

Didalamnya termasuk pola hidup sehat, makanan dengan gizi berimbang dan rutin checkup kesehatan di faskes yang telah disediakan pemerintah,” kata Mursyidah kepada Mitratoday.com.

Tidak hanya di Puskesmas saja, checkup tersebut juga telah disediakan hingga di tingkat desa melalui bidan desa.

Ia menilai masyarakat Kabupaten Malang saat ini cukup antusias untuk memperkuat program Germas. Buktinya terang Mursyidah hampir di seluruh Kabupaten Malang mulai instansi pemerintah dan swasta hingga masyarakat menyelenggarakan olahraga. Salah satunya seperti senam bersama.

“Artinya masyarakat sudah semakin memahami dan mengerti cara-cara pencegahan dini dari berbagai penyakit yang kerap terjadi di kalangan masyarakat saat ini, seperti diabetes, kolesterol maupun hipertensi lewat Germas ini. Sehingga jika program seperti ini terus di lakukan secara masif, gak menutup kemungkinan warga Kabupaten Malang akan memiliki kondisi prima hingga gak mudah terserang penyakit,” pungkas Mursyidah.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button