DaerahHeadlineMalang

2022 Jumlah Bencana Di Kabupaten Malang Meningkat

Foto : salah satu bencana di Kabupaten Malang (Mitratoday.com/Sigit)

Malang,Mitratoday.com Sepanjang tahun 2022 kemarin jumlah bencana yang terjadi di Kabupaten Malang meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Dari data yang diperoleh, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang mencatat selama kurun waktu 2022 kemarin sekitar 294 bencana terjadi di Kabupaten Malang.

Kepala Pelaksana BPBD Moch.Nur Fuad Fauzi mengatakan bencana yang terjadi meliputi bencana banjir ,angin kencang, tanah longsor,pohon tumbang hingga gempa bumi.

“Meningkat dibanding tahun 2021 lalu, dari catatan kami ditahun 2021 ada sekitar 267 bencana terjadi di Kabupaten Malang,”ujar Fuad Fauzi jumat (20/1/2023)

Ia merinci ditahun 2022 lalu, 132 bencana didominasi bencana tanah longsor, sisanya didominasi bencana lainnya , sementara di tahun 2021 lalu, 117 bencana longsor terjadi di Kabupaten Malang.

Bencana terbanyak lanjut Fuad terjadi di bulan Oktober 2022 lalu, 65 bencana tanah longsor terjadi di Kabupaten Malang.

Sementara dibulan yang sama ,ada 21 bencana banjir yang terjadi,” beber Fuad Fauzi.

Mantan Kabag Prokopim Setda tersebut menjelaskan bencana yang terjadi di medio tahun 2022 lalu lebih didominasi bencana hidrometeorologi. Ia memperkirakan penyebabnya karena cuaca ekstrem yang sering terjadi beberapa waktu lalu. BMKG sendiri ulas Fuad Fauzi juga sering memberikan edaran soal deteksi dini bencana alam.

Karena lewat edaran itu(BMKG), curah hujan memang diketahui waktunya maju lebih cepat,” ulas nya.

Tidak hanya BMKG saja yang kerap mengeluarkan surat edaran, pihaknya sendiri lanjut Fuad juga sering melakukan mitigasi bencana ke masyarakat. Ini dilakukan untuk mengantisipasi secara dini terhadap potensj bencana yang datang.

Sehingga masyarakat , bisa melakukan deteksi dini termasuk cara penanganan yang harus dilakukan saat terjadi bencana alam,”pungkas Fuad Fauzi

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button