DaerahHeadlinejawa Timur

264 Kafilah bakal ramaikan MTQ Kabupaten Malang 2018

Malang,mitratoday.com– 264 Kafilah dari 33 kecamatan se kabupaten malang bakal uniuk kebolehan dalam Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tahun 2018.
MTQ tingkat Kabupaten Malang tersebut rencananya akan dibuka secara resmi oleh Plt Bupati Malang HM Sanusi di Pendopo Kabupaten Malang Kepanjen pada tanggal 27 Desember 2018 memperebutkan berbagai hadiah dan penghargaan. Selain itu, juara MTQ tingkat Kabupaten Malang , nantinya bakal mewakili Kabupaten Malang dalam gelaran MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur yang di rencanakan bakal di selenggarakan di Tuban pada bulan Juni 2019.
Hal ini di utarakan Koordinator panitia MTQ Kabupaten Malang Dr.Irfan Hakim S.Ag saat memberikan pengarahan kepada 33 Perwakilan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) di Kantor Kemenag Kabupaten Malang , jumat (14/12).
Ia menjelaskan kegiatan MTQ ini bertujuan untuk menggali berbagai potensi pembaca tilawah Quran yang ada di Kabupaten Malang.
“Karena kita ketahui bahwa di Kabupaten Malang ini merupakan salah satu gudang pembaca tilawah Quran berprestasi , makanya hal ini perlu untuk terus kita kembangkan melalui pembinaan berkelanjutan,”ujar Irfan Hakim.
Bahkan , tambah Irfan Hakim untuk memberikan motivasi terhadap keberadaan LPTQ , pihaknya menggelontorkan bantuan berupa uang pembinaan sebesar Rp 2 juta setiap LPTQ di Kabupaten Malang. Bantuan tersebut berasal dari hibah pemerintah Kabupaten Malang tahun 2018.
Meski bantuan uang pembinaan tersebut di nilai minim , ia berharap hal ini dapat dijadikan motivasi tersendiri LPTQ dalam pembinaan pembaca tilawatil Quran di Kabupaten Malang.
Hal ini di benarkan sesepuh LPTQ Kabupaten Malang H.Nurhasyim SH. Ia menjelaskan anggaran pembinaan LPTQ dari Pemerintah Kabupaten Malang memang sangat minim. “Pemerintah Kabupaten Malang hanya menyediakan anggaran Rp 250 juta untuk pembinaan LPTQ di Kabupaten malang, akhirnya di buatkan kebijakan dengan memberikan bantuan pembinaan sebesar Rp 2 juta per LPTQ, sisanya kita berikan kepada berbagai lembaga tilawah yang ada di Kabupaten Malang,”ujar Abah Nur sapaan akrab Nurhasyim.
Senada dengan Irfan Hakim , ia berharap Kabupaten Malang sebagai gudang pembaca tilawah Quran berprestasi tetap terjaga.
“Karena kabupaten malang ini gudangnya pembaca tilawatil quran berprestasi makanya harus terus ada pembinaan,” tutup Kadinsos kabupaten Malang ini.
Lomba MTQ Kabupaten Malang itu sendiri akan memperlombakan 8 kategori di antaranya
Kategori tartil anak putra dan putri usia 10 hingga 11 tahun
Kategori tilawah remaja putra dan putri
Kategori dewasa putra dan putri .(GT)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button