BlitarDaerahEkonomi BisnisHeadline

300 Petani Desa Gaprang Gelar Sedekah Bumi

Blitar,mitratoday.com – Berbagai bentuk dan cara dalam mengucapkan rasa syukur banyak dilakukan, baik secara individu maupun kelompok

Seperti halnya dilakukan Para Petani Desa Gaprang Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar, yakni menyampaikan rasa syukurnya kepada Tuhan yang Maha Esa melalui Tasyakuran dan Selamatan dengan istilah Sedekah Bumi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jumat 10 Maret 2022 malam di tengah tengah area Persawahan petani Desa Gaprang.

Acara sedekah bumi merupakan salah satu cara menyampaikan ucapan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas seluruh nikmat yang telah di berikan, khususnya di bidang pertanian.” Kata Asharul Fahruda ST selaku Kepala Desa Gaprang.

Asharul katakan, kegiatan sedekah Bumi itu merupakan salah satu agenda rutin petani Desa Gaprang. Kemudian tujuan dari pada Sedekah Bumi dilakukan yakni memohon kepada Tuhan agar usaha terhindar dari semua musibah, bencana dan gangguan pertanian.

“Semoga panen melimpah dan berkah.” Ujar Kades.

Sedangkan Ketua Gapoktan Barokah Desa Gaprang, Imam Turmudzi dalam hal ini menyampaikan bahwa sedekah Bumi merupakan agenda para petani yang terdiri dari tiga kelompok. Yaitu kelompok tani Sri lestari satu dan dua, serta kelompok tani wanita.

“Semua kelompok tani ini di bawah naungan Gapoktan Desa Gaprang.” Tandasnya.

Dengan di gelarnya selamatan atau Sedekah Bumi Insya Allah, kata Imam khusnuldzon panen bisa melimpah.

“Karena kita merasa bersyukur telah di beri kenikmatan hidup, murah sandang pangan. Harapannya setelah kita bersyukur, nanti tanaman bisa melimpah, tidak ada hama penyakit dan tujuan bisa terkabulkan.” Pungkasnya.

Selain itu tujuan sedekah bumi ini yang utama, tutur Imam juga untuk mengirim do’a kepada para pendahulu, para petani yang sudah wafat dan yang telah membuka lahan.

“Mengirimkan doa dengan sebagai bentuk bersyukur, mendoakan para pendahulu, mengingatkan bahwa kita tidak melupakan mereka yang telah membuka lahan pertama kali,” jelas Imam.

Imam berharap dengan diadakannya kegiatan tersebut, para petani bisa bersilahturahmi antara satu petani dan petani lainnya. Berkumpul dalam satu tempat atau wadah.

“Waktunya pun bagus di malam Jum’at legi, semua berkumpul sebanyak 300 petani,” tutur Imam.

Tampak antusias para petani dalam mengikuti kegiatan, seperti bergotong royong masing-masing membawa dua berkat atau marang berisi makanan. 

“Kita berharap para petani dan masyarakat Desa Gaprang di berikan keselamatan dalam menanam. Seperti padi, jagung, dan cabe, bisa berhasil di jauhkan dari hama dan penyakit. Sehingga panennya bisa melimpah, itu harapan semua petani.” Tutupnya.

Kegiatan dihadiri Pengurus Gapoktan dan Kelompok Tani, Jajaran Perangkat Desa Gaprang, PPL Kecamatan Kanigoro, Babinsa dan Babinkamtibmas, serta para petani Desa Gaprang.

Pewarta : Novi

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button