301 Desa Zona Hijau, 89 Desa Masih Zona Kuning, Wabup Malang Bagikan Resep Ke Dirjen Kemendagri

Pewarta : Sigit

Malang,Mitratoday.com-Wakil Bupati Malang Drs.H.Didik Gatot Subroto.SH.MH membagikan resep soal keberhasilan menekan angka penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Malang saat menerima kunjungan Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Dr.Yusharto Huntoyungo.Mpd. di balai desa Tunjungtirto Kecamatan Singosari, Kamis (8/4/2021).

“Lewat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, Alhamdulillah secara keseluruhan di Kabupaten Malang hanya menyisakan 89 desa yang berada di zona kuning , sisanya sudah berada di zona hijau pandemi covid-19,” kata Didik Gatot Subroto.

Artinya, terang Didik ada peningkatan kesadaran masyarakat yang memahami tentang virus covid-19 termasuk cara penanganan dan pencegahannya. Sehingga sejak PPKM jilid 1 hingga jilid 6 zonasi covid diberlakukan perlahan sudah banyak desa yang beranjak menjadi zona hijau.

Didik memaparkan, luas wilayah Kabupaten Malang dengan 33 Kecamatan, 390 desa/kelurahan dan 15.129 RT serta 3.172 RW tentu bukanlah perkara mudah untuk terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19. Namun berkat kerja keras Pemerintah, Pemdes dan seluruh elemen masyarakat yang ada, terbukti jumlah kasus covid bisa ditekan.

“Ini hasil kerja keras kita bersama antara pemerintah Kabupaten Malang, Forkopimda, Pemdes dan seluruh masyarakat yang bertekad menghindari diri dari penyebaran virus Covid-19. Meski masih menyisakan 89 desa zona kuning, kita optimis, lewat kerjasama yang baik dan tekad yang sama, Kabupaten Malang bakal segera berada di zona hijau pandemi covid -19,”ulas Didik Gatot Subroto.

Hal ini diamini oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Dr.Yusharto Huntoyungo Mpd. Ia sangat mengapresiasi keberhasilan Kabupaten Malang menekan angka kasus covid-19 melalui PPKM tersebut. Apa yang dilakukan pemkab Malang dan Forkopimda serta seluruh stakeholder yang ada,”ujar Yusharto merupakan bentuk keseriusan untuk mendukung upaya Pemerintah Pusat melakukan penanganan dan pencegahan covid-19.

“Kami sangat berterima kasih atas usaha keras Pemkab Malang dan seluruh elemen yang ada untuk menekan angka kasus covid-19 ini, apalagi semangat kebersamaan dan gotong royongnya begitu kuat, sehingga menyisakan 89 desa zona kuning pandemi covid,”Pungkas Yusharto.

Meski demikian, ia mengingatkan, meski sudah berada di zona hijau, desa harus tetap menyediakan posko PPKM, ada 4 fungsi yang mengatur soal Posko PPKM seperti yang tertuang di Instruksi Mendagri (Inmendagri) mulai pencegahan, Penanganan, Pembinaan serta support pelaksanaan penanganan Covid-19.

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close