DaerahMalang

5 Desember Pilkades Serentak, Didik : Harus Jujur, Sportif Dan Damai

Pewarta : Sigit

Malang,mitratoday.com-Wakil Bupati Malang Drs Didik Gatot Subroto SH.MH menegaskan agar pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) berjalan dengan baik, dan mengutamakan Kejujuran dan sportifitas agar proses Pilkades berjalan lancar dan aman.

Pilkades sendiri, kata Didik Gatot Subroto merupakan bagian dari sebuah proses demokrasi di tingkat desa. Kepala Desa yang terpilih harus mampu membuktikan bahwa dirinya layak dipilih dan bisa membangun desanya dengan baik, jujur dan adil.

Tidak hanya Kepala Desanya, namun Panitia pun harus bersikap profesional dalam menjalankan tugasnya. Lakukan semua tahapan dengan baik, buatkan Berita Acara yang ditandatangani oleh semua calon peserta Pilkdes. Ini harus dilakukan untuk menghindari konflik selama tahapan atau proses Pilkades berlangsung,” tandas Didik jumat (26/11/2021).

Didik juga meminta kepada seluruh masyarakat desa yang menyelenggarakan Pilkades ini untuk ikut berperan aktif menjaga agar semua proses Pilkades berjalan dengan aman dan damai, terutama saat memberikan hak suaranya. Pasalnya lanjut Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang ini, hal ini dinilai ikut menentukan pembangunan dan kesejahteraan desa nantinya.

Ini sebuah pesta demokrasi, jadikan pesta demokrasi berjalan dengan baik dan aman, karena tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat desa itu sendiri,” tandas Mantan Kades Tunjungtirto ini.

Hal sama juga ditujukan kepada para calon Kades yang menjadi peserta Pilkades serentak. Didik mengingatkan bahwa menang atau kalah adalah wajar dalam proses demokrasi ditingkat desa.

“Harus disikapi dengan bijaksana, artinya siapapun yang akan terpilih nantinya tetap harus didukung penuh terutama untuk mensukseskan pembangunan di desanya. Harus bersiap untuk berkompetisi dengan tetap menjunjung sportifitas kejujuran dan santun,” terang Didik Gatot Subroto.

Terpisah Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang Drs H Suwadji.Msi menjelaskan deklarasi yang diinisiasi Polres Malang tersebut merupakan bentuk komitmen bagi seluruh elemen yang terlibat dalam proses Pilkades serentak tersebut. Artinya semua tahapan atau proses tersebut diharapkan dapat berjalan sesuai harapan pemerintah yakni jujur, adil dan tetap mengedepankan keamanan bersama.

“Ini bagian dari proses pelaksanaan Pilkades di 12 desa pada 5 Desember 2021 mendatang,” ujar Suwadji.

Dengan deklarasi untuk Pilkades damai tersebut Suwadji berharap pelaksanaan Pilkades tersebut berjalan dengan lancar dan aman dan mampu menghasilkan sosok pemimpin desa yang mampu membawa desanya lebih baik terutama pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: