DaerahHeadlinejawa TimurMalang

50 Desa di Kabupaten Malang Masih Zona Merah Stunting

Malang,mitratoday.com-50 desa di Kabupaten Malang dinyatakan masih berada di zona merah stunting. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Ir.Tomie Herawanto.MP menyebutkan jika zona tersebut sudah menjadi kesepakatan bersama Pemkab Malang.

“Dengan status zona merah tersebut, nantinya 50 desa tersebut bakal diintervensi oleh Pemerintah untuk mendapatkan penanganan khusus dan gak bisa ditunda-tunda,”kata Tomie Herawanto rabu (7/9/2022).

Penanganan khusus tersebut lanjut Tomie diantaranya selain lewat penanganan kesehatan juga dengan penyediaan sanitasi dan jamban sehat, serta sarana infrastruktur lainnya. Tidak disitu saja, untuk menangani permasalahan stunting ini,edukasi terhadap pola hidup sehat juga musti dilakukan agar masyarakat mengerti dan memahami soal stunting dan deteksi dini resiko stunting.

“Artinya semua lini harus kerja bareng untuk menangani stunting ini,”tukas Tomie Herawanto.

Ia melanjutkan untuk menangani permasalahan stunting di Kabupaten Malang sendiri, Pemkab Malang sudah memplot anggaran APBD hampir mendekati Rp 20 miliar yang terbagi di beberapa OPD Pemkab Malang. Meski diakuinya dengan anggaran sebesar itu ,penanganan stunting belum akan selesai jika dilakukan secara parsial, sehingga musti ada support lewat anggaran APBN maupun lewat CSR kalangan swasta.( Sigit )

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button