AdvertorialBlitarDaerah

Alokasi DBHCHT Bidang Kesehatan Menjadi Perioritas Pemkot Blitar

Pewarta : Novian

Kota Blitar,mitratoday.com-Tampak dari pengalokasian Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCHT), Bidang kesehatan juga menjadi salah satu perioritas dari Pemerintah Kota Blitar agar berjalan baik dan optimal. Di masa pandemi ini dana yang terkumpul dari cukai rokok ini membantu fasilitas umum kesehatan di Kota Blitar dalam menjamin kesehatan masyarakat.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, dr Dharma Setiawan mengungkapkan, bahwa alokasi DBHCHT di bidang kesehatan sebesar 25 persen bisa dimanfaatkan dengan baik oleh puskesmas, rumah sakit, dan dinas kesehatan sendiri.

“DBHCHT sangat membantu dalam pemenuhan infrastruktur kesehatan di Kota Blitar. Seperti di puskesmas dan rumah sakit digunakan untuk pemenuhan barang habis pakai dan peralatan medis lainnya. Di mana ini sangat membantu tenaga medis dalam melayani masyarakat secara maksimal di masa pandemi dengan kelengkapan alat medis dimiliki,” ungkap Dharma, Kamis (18/11/2021).

Dharma mengatakan, untuk di Dinas Kesehatan Kota Blitar sendiri, DBHCHT ini digunakan mengcover iuran masyarakat tidak mampu yang didaftarkan pemerintah dalam program BPJS Kesehatan. 

“Disini hampir separuh masyarakat telah didaftarkan oleh Pemerintah Kota Blitar mendapatkan BPJS Kesehatan yang digratiskan ini,” terangnya.

Pihaknya berharap, DBHCHT untuk Kota Blitar di tahun depan bisa mendapatkan peningkatan. Pasalnya Dinkes merencanakan DBHCHT ini untuk mem-backup anggaran yang diperlukan untuk penanganan Covid-19, yang selama ini membutuhkan dana cukup besar.

“Dengan demikian apabila ada ledakan gelombang 3 seperti yang telah diprediksikan, Pemerintah Kota Blitar sudah memiliki backup anggaran DBHCHT. Sehingga anggaran umum untuk kegiatan di bidang selain kesehatan bisa berjalan lebih leluasa, tanpa terlalu di bayang-bayangi refocusing kegiatan seperti di tahun-tahun sebelumnya,” paparnya.

Kembali Dharma mengatakan, Kita harus tetap waspada walau Kota Blitar saat ini masuk level 1. Kita tetap mempersiapkan penanganan dan penanggulangannya, karena dengan adanya prediksi tahun depan masih ada ledakan lagi. 

“Untuk itu tentunya kita berharap, juga meningkatnya DBHCHT, karena bisa membantu meningkatkan pelayanan kesehatan di Kota Blitar semakin baik lagi,” pungkasnya.(Adv).

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: