Home » Daerah » Alokasikan DD 20%, Desa Beringgin Bangun Gedung Bumdes

Alokasikan DD 20%, Desa Beringgin Bangun Gedung Bumdes

Lampung Utara,Mitratoday.com-Upaya mendorong kemajuan desa di dalam merealisasikan Dana Desa, tentu sudah menjadi tanggung jawab di masing-masing Desa yang mesti meralisasikannya sebaik mungkin dan setransparan mungkin terhadap masyarakat.

Seperti halnya yang dilaksanakan pada Desa Beringgin Kecamatan Abung Kunang Kabupaten Lampung Utara dalam mengalokasikan Dana Desa tahap pertama sebesar 20% yang dikerjakan oleh masyarakatnya sendiri tentu menibgkatkan antusias yang begitu baik, saat di temui Di salah satu pekerjaan yang mengunakan alokasi dana desa 2019 tahap pertama 20% masyarakat sebayak 12 warga terlihat antusias mengerjakan Badan Usaha Milik Desa,Rabu (15/5/2019).

Saat awak media menghampiri warga yang sedang bekerja, wawan sebagai kepala tukangpun mengatakan bahwa pekerjaan di Desa Beringgin Kecamatan Abung Kunang Kabupaten Lampung Utara yang mana Dana Desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat melalui pemerintah daerah dialokasikan oleh pihak Desa dalam pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Dana Desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat Di Desa bringin setau saya Dialokasikan untuk Bumdes.” Kata Wawan.

Selanjutnya Kepala Desa SawalluDin menjelaskan kepada awak media terkait penggunaan Dana Desa tahap pertama sebesar 20% tahun 2019, bahwa Dana Desa tahap pertama ditahun 2019 tersebut direalisasikan sesuai dengan rap yang sudah tersusun.

“Dana Desa Di tahun 2019 ini berangsur-angsur pencairannya, yang pertama 10% setelah material terlihat maka kami para Kepala Desa harus mengajukan penarikan uang yang 10% lagi untuk mengerjakan apa yang kami prioritaskan dan kami anggap penting.” Terang Sawalludin.

Beliau juga selaku Kpeala Desa Beringgin bersyukur atas adanya Dana Desa yang dikucurkan oleh pihak pemerintah dalam upaya pemabngunan kemajuan Desa.

“Alhamdulillah Ditahun 2019,saya mewakili warga Desa Bringgin dengan dialokasikannya Dana Desa sangat membantu Desa, khususnya Desa Beringgin. Adapun Dana Desa tahap pertama diprioritaskan pembuatan gedung Bumdes, namun bila dalam pembangunan gedung Bumdes ini tidak selesai dalam abggaran 20%, maka akan di sepesaikan pada anggaran selanjutnya yang 40%.” Ujar Sawalludin.

Aitem yang di kerjakan di tahun 2019 ini ada beberapa pekerjaan fisik seperti sumur Bor dua unit, pagar gedung TPA, paping blok TPA, Rambat beton dengan lebar 1,5m dan panjang 140m.

Selaku Kepala Desa beliau berharap agar kedepannya Dana Desa dapat diperbesar lagi, khususnya di Desa terpencil agar setara dengan Desa-Desa lain.

“Saya berharap kepada pihak pemerintah agar Dana Desa Di tahun 2019 ini kususnya Desa terkecil dapat diperbesar lagi anggarannya agar setara dengan Desa-Desa Lain.” Ungkap Sawalludin.

(Elva)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

sixteen − seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.