AdvertorialBengkuluBENGKULUHeadline

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Jonaidi Dorong Petani Tingkatkan Kualitas Produk

Bengkulu,mitratoday.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu Jonaidi SP mendorong petani di daerah untuk dapat meningkatkan produksi pertanian di daerah.

Bengkulu

Jonaidi, Kamis (22/9/2022) mengungkap selama ini petani di daerah kesulitan dalam menembus pasar nasional akibat dari kurang berkualitasnya sayuran yang dipanen.

“Untuk mencapai pasar nasional tentu diharapkan peningkatan kualitas pertaniannya. Jika selama ini petani kita berfokus pada pemenuhan pasar regional diharap kedepan dapat memenuhi kebutuhan nasional bila perlu sudah mengarah pada pasar ekspor,” kata Jonaidi.

Bukan tanpa sebab pertanian di Bengkulu belum begitu maju dibanding daerah-daerah lain. Hal itu karena pertanian daerah tidak sepenuhnya diakses para petani tradisional dan juga adanya fasilitas memadai seperti alat pertanian moderen dan ketersediaan pupuk subsidi tidak terdistribusi menyeluruh.

Jonaidi juga mengajak petani di daerah mengembangkan sektor pertanian yang berorientasi pada peningkatan produksi kedaulatan pangan.

“Sebab dalam kondisi harga bahan pangan serba naik ini, pertanian lah yang sangat terdampak namun juga menopak sendi ekonomi nasional,” katanya.

Untuk mendukung modernisasi pertanian, lanjutnya, pemerintah daerah perlu membantu peralatan pertanian, mulai dari proses penanaman, pemeliharanaan, panen sampai pascapanen, sehingga hasil produksinya mudah dipasarkan dengan harga yang bersaing.

“Kita ingin mengubah image dari petani yang tradisional ke petani modernisasi, sehingga ke depan pertanian di Tanah Air lebih maju lagi,” katanya.(Adv)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button