AdvertorialBengkuluBENGKULUHeadline

Anggota DPRD Provinsi Benkgulu, Jonaidi SP Minta Dinas TPHP Optimalkan Penyaluran Pupuk Subsidi

Bengkulu,mitratoday.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu Jonaidi SP meminta pemerintah daerah khususnya Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) kabupaten/kota untuk menyelesaikan persoalan pupuk bersubsidi yang selama ini dikeluhkan para petani.

Bengkulu

Sebab, kata dia, dalam beberapa waktu belakangan petani di daerah mengeluhkan sulitnya pengusulan proposal pengajuan pupuk bersubsidi.

“Saya minta Dinas TPHP kabupaten/kota petakan kebutuhan pupuk petani. Karena apa, saat saya telpon kelompok petani di kabupaten, mereka mengaku kesulitan saat mengusulkan proposal pupuk bersubsidi,” ujarnya.

Jonaidi meminta agar hal ini disikapi secara serius mengingat Pemerintah Pusat tengah mengalokasikan penyediaan pupuk subsidi sehingga pertanian dapat meningkatkan produksinya.

“Tahun ini penyediaan pupuk bersubsidi akan dilakukan secara besar-besaran. Sehingga sangat disayangkan ketika petani di daerah tidak tercatat sebagai penerima pupuk subsidi,” katanya.

Ia meminta petani yang belum terdata sebagai anggota kelompok tani dan tercatat dalam penerima Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) dapat dimasukan sebagai penerima bubuk subsidi.

Sementara itu, di lain sisi, Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Ricky Gunarwan mengungkapkan pihaknya terus memantau penyaluran pupuk subsidi di daerah agar tepat sasaran.

Mengenai penambahan RDKK, ia menyambut baik dan akan mendorong Dinas TPHP di daerah dapat menjaring petani yang belum masuk ke dalamnya.

Ia juga menjelaskan serapan pupuk subsidi di daerah telah mencapai angka optimal di mana pada penyaluran jenis NPK sebesar 90-an persen dan Urea 75 persen.(Adv).

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button