Anggota Polisi Hadirkan Perpustakaan Mini dan Satu Sampan Untuk Anak Di Pedalaman Aceh Utara

Penulis : Noviandi Juanda

Aceh Utara,Mitratoday.com-Pendidikan adalah sarana bagi kemajuan sebuah bangsa, oleh karena itu setiap warga negara wajib mengikuti jenjang pendidikan, baik jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah maupun tinggi.

Sebuah boks yang berfungsi sebagai perpustakaan mini milik Brigadir Irvan, Bhabinkamtibmas di Polsek Langkahan kini hadir di sebuah dusun bernama Sarah Raja bagian dari Gampong Lubok Pusaka Kecamatan Langkahan.

Untuk menjangkau dusun yang berlokasi jauh di pedalaman Aceh Utara itu, Irvan dengan boks perpustakaan mini dan sepeda motornya harus menumpang sebuah perahu dan menyusuri sungai selama 2 jam.

“Untuk saat ini jalur darat rusak parah makanya kita naik perahu, Jarak dari Polsek Langkahan ke Gampong Leubok Pusaka 1 jam, Kemudian dari Leubok Pusaka ke dusun Sarah Raja menghabiskan waktu 2 jam perjalanan melalui sungai, lalu menghabiskan waktu 30 menit lagi untuk menuju rumah masyarakat,” begitu ujar Irvan, Rabu (4/3/2020).

Irvan mengaku jika hal yang ia lakukan itu hanya untuk memberikan akses buku bacaan bagi anak-anak di Sarah Raja melalui perpustakaan mini miliknya itu.

Didalam perpustakaan mini-nya itu Irvan menyediakan buku dan alat tulis bagi anak, iqra, dan muqaddam serta sebuah papan tulis.

Bukan hanya itu, melihat kondisi anak di Sarah Raja yang setiap harinya harus menyusur sungai untuk menuju sekolah dengan sampan, irvan tergerak hatinya untuk menyumbangkan sebuah sampan dayung untuk anak-anak di kawasan itu. Semua yang dilakukan irvan ia ambil dari tabungannya.

“Saya berharap apa yang saya lakukan dapat bermanfaat bagi pendidikan anak di Sarah Raja,” pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close