Antisipasi Bencana, BMKG Berikan Mitigasi Bencana

Penulis : Sigit

Malang,Mitratoday.com-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hari ini menyelenggarakan Sekolah Lapang Gempa Bumi di Pantai Tamban desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Sekolah lapang Gempa Bumi itu sendiri selain dihadiri Wakil Bupati Malang Drs.H.Didik Gatot Subroto, juga dihadiri Kepala Pusat BMKG Dwi Kartika Karmawati dan anggota Komisi V DPR RI Sri Rahayu.

Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, mengatakan sekolah lapang gempa bumi sangat tepat jika terus disosialisaikan kepada masyarakat khususnya di wilayah pesisir pantai. Menurutnya,hal ini merupakan bentuk kolaborasi dan koodinasi antar berbagai lembaga untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara mengantisipasi dan mengenal berbagai bencana alam yang ada.

Apalagi akhir-akhir ini situasi alam dari Informasi yang disampaikan BMKG gak stabil, maka sangat perlu adanya mitigasi bencana sehingga akan muncul kewaspadaan dan langkah antisipastif terhadap bencana yang kerap terjadi ,”kata Didik Gatot Subroto.

Langkah antisipatif tersebut,selain berupa mitigasi bencana yang kerap dilakukan, juga berbentuk kesiapan segala peralatan dan perlengkapan saat bencana gempa terjadi.

Lewat Sekolah Lapang Gempa Bumi itu, Didik berharap pengetahuan masyarakat soal bencana, termasuk tanda-tanda nya bisa dikenali dengan baik oleh masyarakat, sehingga akan mampu diantisipasi dengan baik sehingga bisa meminimalisir korban terdampak nantinya.

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Back to top button
Close
Close