Daerahjawa Timur

Atasi Gangguan PJU, Binamarga Luncurkan Aplikasi Baru

Kabupaten Malang, Mitratoday.com – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Binamarga Kabupaten Malang bakal meluncurkan aplikasi baru di tahun 2018 nanti. Aplikasi yang di beri nama Elektronik Laporan Penerangan Jalan Umum (E la PJU) tersebut nantinya bakal melayani laporan masyarakat terhadap beberapa gangguan PJU di wilayah Kabupaten Malang.

“Saat ini aplikasi E La PJU ini siap beroperasi namun masih memerlukan sosialisasi kepada masyarakat Kabupaten Malang”, terang Kadis PU Binamarga Ir Romdhoni Jumat malam (24/11).

Romdhoni menjelaskan bahwa layanan ini dapat di upload di aplikasi Playstore, sehingga nantinya masyarakat diharapkan tidak repot dalam melaporkan gangguan PJU di Kabupaten Malang, karena telah tersedia layanan berbasis aplikasi ini.

“Saya kira masyarakat saat ini sudah semakin modern dan banyak yang menggunakan Handphone berbasis android untuk kepeluan sehari-hari, sehingga bisa dengan mudah mengunduh aplikasi ini,” ujar Romdhoni.

Ia berharap dengan adanya aplikasi ini masyarakat dapat dengan mudah melaporkan berbagai gangguan terutama terkait PJU di seluruh wilayah Kabupaten Malang. Ia pun memastikan pihaknya bakal langsung merespon setiap pengaduan yang dilaporkan masyarakat.

“Kami siapkan staf-staf di beberapa pos yang tersebar di wilayah Kabupaten Malang yang akan langsung merespon laporan yang masuk dan tanggap dalam melakukan upaya perbaikan terutama PJU,” imbuh mantan Kadis Ciptakarya ini.

Sementara itu Kepala Bidang PJU, Heri Soerjadi, menjelaskan secara detail mekanisme dan cara kerja aplikasi E La PJU agar dapat dinikmati masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Malang.

“Hampir seluruh masyarakat Kabupaten Malang saat ini teleh menggunakan handphone Android sehingga dengan mengunduh aplikasi E la PJU di playstore masyarakat akan semakin mudah melaporkan gangguan terutama PJU yang ada,” beber Soerjadi.

Ia mengisyaratkan, nantinya laporan yang disampaikan masyarakat disertai dengan data diri yang benar serta foto lokasi kerusakan maupun gangguan PJU yang terjadi di Wilayah mereka masing-masing.

“Hal ini di lakukan untuk menghindari laporan palsu dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” tandas Soerjadi.

Mekanismenya, jelas Soerjadi, masyarakat bisa melapor lewat aplikasi Ela PJU yang sudah di unduh di sertai nama dan alamat serta lokasi gangguan PJU dan yang paling penting adalah di sertai foto lokasi, maka laporan yang masuk ke server Dinas PU Binamarga akan segera di respon dengan menurunkan tim perbaikan yang ditempatkan di pos-pos terdekat untuk memperbaiki PJU yang mengalami gangguan.

Sementara Kadis PU Binamarga Ir Romdhoni berharap, nantinya di tahun 2018 dengan aplikasi Ela PJU yang telah di buat dapat meminimalisir serta mengetahui secara cepat dan tepat titik perbaikan PJU yang tersebar di Kabupaten malang.

“Untuk saat ini kami terus sosialisasikan kepada masyarakat kabupaten Malang agar mengerti dan tahu tentang aplikasi Ela PJU ini,” tutup Romdhoni.(GT)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button