Bangka BelitungDaerah

Baharudin : BST Sebenarnya Tersedia Untuk Masa Covid-19

Penulis : Adi

Bangka,Mitratoday.com–Dinas Sosial Kabupaten Bangka berikan Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 9000 lebih warga yang terdampak covid-19 khususnya di wilayah kabupaten Bangka itu sendiri.

Dari Total keseluruhan yang mendapat bantuan tersebut rata-rata warga sudah terdata melalui hasil laporan setiap kelurahan ataupun Desa dan di bantu pihak pekerja PSM dari Dinas sosial tersebut.

Kadinsos Bangka,Baharudin,SH,mengungkapkan,bahwa sebenarnya dana untuk covid-19 bukan dana segar ,akan tetapi Dana Dari setiap kegiatan kantor yang di batalkan atau di alihkan.

Seperti yang kita ketahui ada beberapa program bantuan BLT,BST,PKH dan Paket sembako yang telah kita salurkan untuk membantu masyarakat yang terdampak dari pandemi covid-19 ini.

“BST yang tadi bukan direncanakan,tetapi harus sudah disediakan untuk penanggulangan dari dampaknya covid-19 ini,”ungkapnya.

Menurut dia,Dana covid itu disediakan untuk kebutuhan penanggulangan bencana sosial,maka dianggarkan bantuannya,dalam hal ini setiap OPD yang ada anggaran untuk kegiatan di pangkas.

“Kalau OPD seperti Dinas lingkungan hidup, PU tidak seluruh di pangkas dan hanya sebagian OPD yang
melaksanakan dampak covid-19,”terang Bahar,Kamis (09/7/2020) diruang kerjanya.

Ia menilai,bahwa ada sebesar 50 %di pangkas dari setiap kegiatan barang dan jasa yang memang tahun sebelumnya sudah di sahkan.

Bantuan BST itu di berikan untuk orang yang terdampak covid-19 dan di kita ada sekitar 9998 warga mendapatkan bantuan tersebut.

“Ya untuk penyaluran nya di berikan menggunakan Sistem rekening Bank BRI,BNI dan kantor pos untuk pengambilan dana yang dibantu pemerintah dalam meringankan beban masyarakat ,”jelas nya.

Apapun kita melakukan kegiatan diawalai dengan data base yang baik,terkait dengan bantuan sosial harus data yang baik dan tepat sasaran ,Artinya bantuan yang di berikan benar – benar tepat dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari warga sendiri.

Dengan begitu ,bantuan dari pemerintah untuk masyarakat yang menerimanya sudah terdata dan memang berhak untuk mendapatkan bantuan tersebut ,guna lebih pada tepat sasaran,”harapnya.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button