Home » Daerah » Bantu Pihak UMKM, Mahasiswa UMRI Program Studi Akuntansi Melakukan Pengabdian Ke Masyarakat

Bantu Pihak UMKM, Mahasiswa UMRI Program Studi Akuntansi Melakukan Pengabdian Ke Masyarakat

Penulis : Iswadi

Pekanbaru,Mitratoday.com-Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) melakukan pengabdian pada masyarakat, Senin (20/01/20) lalu, dengan membantu salah satu percetakan yang berlokasi di Jl. K. H. Ahmad Dahlan, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru dalam menghitung harga Pokok Produk Berbasis Aktivitas.

Mahasiswa UMRI Prodi Akuntansi Kelompok 1 yang melakukan pengabdian pada masyarakat ini terdiri dari Nadila Ramadhania Putri, Novianti Arnas Putri, Alex Simon, Ratih Fauziah, Andra Safitri dan Nur El Hikmah Shoumi, serta dibimbing oleh  Ibu Linda Hetri Suriyanti, SE, M.Ak, CA. dan sebagian dosen lainnya.

Tujuan dari perhitungan ini adalah agar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat mengetahui bagaimana seharusnya perhitungan yang dilakukan untuk mengetahui harga pokok produk yang sebenarnya berdasarkan aktivitas yang dilakukan sehingga dapat menjadi dasar atas pengambilan suatu keputusan bagi pihak UMKM.

Menurut Nadila, yang mewakili mahasiswa kelompok 1 kepada mitratoday.com mengatakan, kegiatan ini dapat membantu pihak UMKM dalam menentukan harga pokok produk dan juga menjadi pengalaman tersendiri bagi anggota kelompok.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat. Selain dapat membantu pihak UMKM dalam menentukan harga pokok produk, juga menjadi pengalaman tersendiri bagi kelompok pengabdi karena dapat terjun langsung dalam merealisasikan pembelajaran yang sudah di pelajari. Sehingga mengetahui bagaimana perhitungan-perhitungan yang dilakukan oleh pihak UMKM dan bagaimana perhitungan yang sesuai dengan teori,” kata Nadila, Selasa (11/02/20).

Ditambahkannya, bagi pihak UMKM kegiatan ini sangat membantu , karena terkadang dalam penentuan Harga Pokok Produk sering terjadi kesalahan, sehingga penyusunan laporan keuangan pun jadi kurang akurat, karena harga pokok produk adalah tahap awal dari penyusunan laporan keuangan.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.