DaerahHeadlineMalang

Banyak Terbuang, Air Sumber Jeruk Pagelaran Siap Dimanfaatkan PDAM Kabupaten Malang

Malang,mitratoday.com – Potensi kekeringan yang kerap terjadi di wilayah Malang Selatan terus di carikan solusinya oleh Pemkab Malang. Pasalnya, di musim kemarau wilayah Malang Selatan sering terjadi Kekeringan air.

Hal ini di terangkan Direktur Teknik Perumda Tirta Kanjuruhan, M Haris Fadhilah yang menyebutkan jika pihaknya berencana bakal memanfaatkan potensi air dari Sumber Jeruk desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran.

Haris menyampaikan bahwa Potensi air di Sumber Jeruk tersebut di nilai sangat melimpah, kendati demikian potensi air yang dinilai sangat melimpah tersebut nyatanya banyak yang terbuang alias tidak terpakai terutama untuk mengairi pertanian di Pagelaran.

“Makanya ini akan kita manfaatkan, apalagi ditahun 2022 ini kita targetkan 3 ribu sambungan pelanggan baru,” ujar Haris Fadhilah, Senin (6/6/2022).

Haris tegaskan kualitas air di Sumber Jeruk tersebut dinilai sangat bagus. Selain jernih, debit air yang dapat dimanfaatkan juga cukup besar.

“Kendati demikian, nantinya Perumda Tirta Kanjuruhan akan melakukan uji laboratorium untuk memastikan kualitas air di Sumber Jeruk tersebut. Harus kita pastikan lewat uji lab ya. Kita gak mau gegabah, kualitas air yang kita kelola sangat jernih dan sesuai dengan standart kualitas air,” tandas Haris Fadhilah.

Untuk merealisasikannya, Perumda Tirta Kanjuruhan sendiri sebut Haris tengah menunggu petunjuk teknis dari Balai Besar Wilayah Sungai Brantas (BBWS).

“Dengan memanfaatkan Air di Sumber Jeruk tersebut, di harapkan akan menjadi solusi untuk mengatasi kekeringan air di wilayah Malsel saat musim kemarau tiba.” Tandasnya.

Terakhir, Haris Fadhilah menjelaskan jika pihaknya tetap melaksanakan berbagai program reguler. Salah satu di antaranya pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum di Sumber Kaligoro menelan anggaran sebesar Rp 103 miliar yang berasal dari anggaran Pemerintah Pusat.

Sementara Pemkab Malang sendiri tercatat hingga saat ini sudah melakukan penyertaan modal senilai Rp 20 miliar.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button