DaerahDKI Jakarta

Bapas Turut Serta Dalam Deradikalisasi Terorisme

JAKARTA, mitratoday.com – Kegiatan di hotel Aryaduta Jakarta pada tanggal 16 april 2018 sampai dengan 20 April 2018 dengan tema Rapat koordinasi pendampingan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme kepada sasaran Deradikalisasi bersama Kementerian Hukum Dan HAM tahun 2018.

Balai Pemasyarakatan atau disingkat Bapas adalah pranata yang mempunyai tugas melaksanakan laporan penelitian kemasyarakatan (Litmas) terhadap narapidana di dalam Lapas/Rutan dan juga melakukan pembimbingan terhadap klien Pemasyarakatan memiliki peran penting dalam Deradikalisasi terhadap para pelaku teroris di indonesia.

Kegiatan yg dilaksanakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ini diikuti oleh semua Kepala Bapas di seluruh Indonesia dan Pembimbing Kemasyarakatan (PK) yang menangani narapidana teroris.

Jumlah peserta kegiatan ini sebanyak 130 orang. Narasumber dalam kegiatan ini adalah orang-orang yang berkompeten dalam bidangnya seperti
Prof.Dr. Syafi’i Mufid, MA; H.R Mohammad Syafi’i, SH,M.Hum dan Prof.Dr. Irfan Idris,MA.

Bapas yang memiliki peran penting dalam bidang tugasnya memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perubahan paradigma para pelaku teroris agar stigma masyarakat menjadi positif sehingga mereka kembali pada ideologi dasar kita PANCASILA.

Menurut salah satu peserta kegiatan yang juga menangani salah satu narapidana teroris dalan Lapas Waikabubak-NTT mengatakan bahwa para teroris ini memiliki sifat-sifat baik dalam dirinya.

“Mereka hanya perlu sentuhan kebaikan dalam tindakan nyata mereka bukan musuh negara mereka hanyalah korban dari ideologi yang salah, belum ada kata terlambat untuk membina mereka, harap Beny Tomasuy dari Bapas Waikabubak-NTT. Mereka Indonesia, saya indonesia, DAMAILAH NEGERIKU,” ucapnya.(Yustaf Siki/Team)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button