DaerahHeadlineMalang

Beresiko, CV Kurnia Jaya Tak Lengkapi Perusahaan Dengan Hydrant

Malang,mitratoday.com – Pemerintah menilai ketersediaan box hydrant di setiap pabrik sangat penting. Hal ini untuk mengantisipasi berbagai potensi resiko yang dihadapi manajemen perusahaan salah satunya adalah potensi terjadinya kebakaran.

Meski diakui hampir sebagian besar pemilik perusahaan menyediakan tabung pemadam kebakaran, namun tidak cukup.

Kapala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Malang Goly Karyanto mencontohkan seperti yang ada di pabrik kertas CV Kurnia Jaya yang terbakar jumat siang kemarin.

Dengan pabrik yang cukup luas dan memproduksi bahan mudah terbakar sudah seharusnya manajemen menyediakan box hydrant untuk antisipasi terjadinya kebakaran .

“Harus itu, ada kelengkapan box hydrant untuk antisipasi resiko yang ada seperti bahaya kebakaran,” tandas Goly Karyanto,¬† Sabtu (17/9/2022).

Meski penting namun lanjut Goly tidak semua perusahaan melengkapi sarana hydrant di lokasi usahanya. Salah satu contoh seperti CV Kurnia Jaya ini.

Goly mengungkapkan pihaknya sendiri sudah Sejak dua tahun lalu, mengingatkan manajemen CV Kurnia Jaya tersebut untuk menyediakan hydrant.

“Sudah kami ingatkan sejak dua tahun silam saat kami inspeksi tapi kok gak ada,” ungkap Goly Karyanto.

Meski diakuinya, untuk menyediakan hydrant, manajemen harus menyediakan biaya yang cukup mahal, namun jika menilik pentingnya ketersediaan hydrant maka semahal apapun seharusnya dapat dipenuhi.

Lantas berapa biayanya, Goly memperkirakan biaya untuk membangun sarana hydrant, biaya yang harus dikeluarkan perusahaan berkisar antara Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar.

“Ya meski mahal, tapi kan ini untuk kepentingan jangka panjangnya,” tukasnya.

Diberitakan, sebuah pabrik kertas milik CV Kurnia Jaya yang berlokasi di desa Pandanlandung Wagir dilalap si jago merah jumat siang kemarin (16/9/2022).

Sekitar 14 armada pemadam kebakaran dari Pemkab dan Pemkot Malang serta Pemkot Batu dikerahkan untuk memadamkan kobaran api yang ada di perusahaan kertas tersebut.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button