Bermula Dari Kampung Ahok Dan Kakak Ipar

Pewarta : Kris

Belitung Timur,Mitratoday.com-Galeri Bu Fifi merupakan salah satu wadah pemberdayaan masyarakat kecil, yang bergelut dibidang karya seni souvenir produk lokal.

Hal serupa menjadi inspirasi bagi semua orang dalam pemberdayaan masyarakat lokal untuk berkarya yang bisa menopang ekonomi masyarakat setempat. Galeri yang berdiri kokoh dengan desain unik klasik menjadi ciri khas Kota Belitung (Kota Laskar Pelangi-Red) Bangka Belitung (BABEL). Galeri Bu Fifi yang menjual souvenir produk‐produk lokal menjadi target wisata untuk oleh‐oleh dari kota Belitung Timur BABEL ketika berlibur di kota Belitung.

Daya tarik Galeri ini memiliki filosofi tersendiri dari berbagai karya seni yang sudah berhasil dibuatnya. Menekuni keterampilan ini merupakan bagian dari target tujuan untuk menggerak roda ekonomi masyarakat setempat dari sektor pariwisata.

Saat ditemui awak media kepada Ibu Fifi pemilik Galeri, beliau memaparkan bahwa sebetulnya awal mulanya Galeri ini dari nama Kampung Ahok (Basuki Cahaya Purnama) karena rumah orang tua Pak Ahok ada didepannya. Seiring berjalannya waktu banyak orang yang yang berkunjung ke rumah Pak Ahok dengan histori perjalanan di dunia politiknya yang begitu fenomenal, maka Kampung Ahok menjadi Galeri Bu Fifi.

“Filosofi ini dituangkan dalam sebuah karya baru yang dapat mendongkrak ekonomi masyarakat. Melalui karya-karya masayarakat yang menjadi produk lokal yang berdaya saing tinggi dan memiliki ciri khas tersendiri, bagian dari industri pariwisata salah satunya adalah souvenir produk lokal sebagai pelengkap daya tarik para tamu dalam berkunjung. Keterampilan ini bermula dari kakak ipar saya Bu Yuli yang pencetus dan pelopor kain batik Belitung dengan historynya hingga batik Belitung ini terkenal.”Ujar Fifi.

“Terlepas dari itu semua saya mencoba membuat Galeri ini sebagai wadah bagi pengrajin seni untuk menyalurkan bakatnya yang menghasilkan uang dan apalagi semenjak wabah covid-19 ini muncul, Galeri kami tutup kurang lebih 5 bulan. Dan pada hari ini kami mencoba untuk membuka kembali supaya pemulihan ekonomi kita cepat membaik”, tutupnya Minggu (30/8/2020).

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close