BlitarDaerahHeadline

Bersih Desa Karangsono Meriah, Di Padati Ribuan Masyarakat

Blitar,mitratoday.com – Bersih Desa merupakan tradisi Jawa, biasanya di adakan menjelang Bulan Suro dalam Kalender Jawa. Berbagai kegiatan di gelar, seperti mengadakan Kenduri, dan mengirim sesaji yang di peruntukan untuk Danyang Desa. Atau bahkan menggelar Pertunjukan wayang, tari tradisional dan Campur sari.

Sepanjang Jalan yang di hiasi gapura lampu berwarna warni, ribuan masyarakat dari Desa Karangsono maupun dari luar Desa memenuhi jalan hingga untuk berjalan pun harus mengantri dan berdesakkan.

Setelah hampir tiga tahun kita di landa Pandemi, dan saat ini sudah mulai melandai. Desa Karangsono Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar menggelar Bersih Desa secara meriah dengan menghadirkan Ngaji Bareng Abah Kirun, pelawak yang juga seorang Kyai dan hiburan Guyon Maton Cak Percil.” Kata Kepala Desa Karangsono, Tgugas Nanggolo Dili Prasetiono.

Selain itu, pria yang akrab di Panggil Bagas ini menyampaikan bahwa bersih Desa kali ini mengusung tema Kampanye Kesehatan, “Masyarakat Desa Karangsono Aman dan Sejahtera Menuju Desa Karangsono Aman dan Bermatabat”.

“Bersih Desa ini di lakukan secara turun-temurun. Namun semenjak Pandemi selama 2 tahun ini kita vakum, tidak mengadakan acara yang mengundang pengumpulan massa. Mudah-mudahan Covid – 19 hilang dari bumi Nusantara tidak lagi ada, dan di cabut pAllah SWT,” Ungkap Bagas.

Bagas jelaskan, tujuan dari Bersih Desa yakni mengkampanyekan masyarakat agar selalu mengutamakan pola hidup sehat, walau pun Covid -19 sudah mulai melandai. “Selain itu, tujuan lain dari Kegiatan Bersih Desa Karangsono merupakan wujud dari penghormatan kepada para pejuang, pendiri Desa, cikal bakal Desa, dan sesepuh Desa Karangsono.” Jelasnya.

Pemdes Karangsono dalam hal ini ingin masyarakatnya agar selalu menjaga kebersihan, baik untuk diri sendiri, keluarga maupun lingkungan, dan menjaga pola hidup sehat dengan menkonsumsi buah-buahan, serta sayur-sayuran.

Terakhir dalam Sambutannya, Kades Karangsono menjelaskan bahwa ketidakhadiran Bupati dan Wakil Bupati Blitar serta Sekretaris Daerah, mudah-mudahan bukan karena tidak suka dengan Desa Karangsono, tapi karena kegiatan nya bersamaan dengan kegiatan Beliau-beliau.

“Desa Karangsono ini banyak potensi, banyak melahirkan tokoh-tokoh. Baik Tokoh muda seperti dari Pencak dorr Mbah Singo juga Tokoh Agama seperti Kyai Haji Marjuki Mustamar, PW NU Jawa Timur. Mudah-mudahan Ke depan Desa Karangsono bisa melahirkan generasi penerus bangsa yang bisa menghargai, menghormati dan Mengisi Pembagunan dengan baik,” jelas Bagas.

Acara Bersih Desa Karangsono sendiri di hadiri :

  • Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito
  • Wakil Ketua DPRD Mujib SM
  • Anggota DPRD, Munib
  • Mantan Bupati Blitar, H Rijanto
  • Perwakilan Forkompinda
  • Ketua KONI, Tony Andreas,
  • Camat Kanigoro, dan Beberapa Kepala Desa
  • Serta Ribuan Masyarakat yang sudah rindu Akan hiburan karena terkekang selam hampir dua tahun tidak bisa menyaksikan acara seperti itu.

Pewarta : Novi

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button