BlitarBudayaDaerahHeadline

Blitar Ethnic Nasional Carnival Menampilkan Pagelaran Seni Budaya Seluruh Suku Di Indonesia

Blitar,mitratoday.com – Pagelaran Blitar Ethnic Nasional (BEN) Carnival sangat mengagumkan masyarakat Kota Blitar dan sekitarnya yang menyaksikan, baik secara langsung maupun yang melihat melalui channel YouTube Pemkot Blitar.

BEN Carnival dibuka dengan penampilan penyanyi cilik berprestasi Kota Blitar Mikhael Atma. Penonton lalu disuguhkan berbagai tampilan seni, salah satunya dari Kota Blitar yakni Tari Barongan Kucingan Condromowo.

Hampir semua Kesenian, Pakaian Adat dari berbagai suku di seluruh provinsi di Indonesia di tampilkan dengan apik dan menawan disertai dengan kisah sejarah dan lagu daerah dari masing masing Daerah/ Suku di tampilkan pada acara BEN Carnival juga ada budaya dari luar negeri.

Blitar Ethnic National (BEN) Carnival di gelar dalam rangka memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia, dengan mengusung tema ‘Nasionalis dalam Kebhinekaan’.

Blitar Ethnic National (BEN) Carnival diikuti oleh 50 peserta dari OPD/UPT Pemkot Blitar, BUMN dan BUMD yang menyuguhkan beragam tampilan seni dan budaya dari seluruh Indonesia, pada Sabtu (27/8/2022).

Blitar Ethnic National (BEN) Carnival juga di hadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK), Prof Dr Muhadjir Effendy M.A.P sekaligus meresmikan BEN Carnival.

“Kota Blitar merupakan kota yang ICONIC yang memiliki kelebihan, salah satunya adalah tempat di semayamkannya Proklamator Bung Karno. Saya mengajak seluruh masyarakat untuk melanjutkan dan melestarikan apa yang diwariskan Bung Karno,” Kata Menko Muhajir

“Marilah kita gali semua nilai-nilai kearifan lokal dan kecerdasan lokal yang dimiliki Kota Blitar. Mari kita hidupkan kembali sesuai pesan Bung Karno,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Blitar, Drs H Santoso MPd menyampaikan, BEN Carnival adalah ajang pewarisan nilai budaya lokal, menggerakkan ekonomi masyarakat, dan melestarikan nilai-nilai asli Indonesia yang dikemas dengan pertunjukan modern.

“Kegiatan ini juga mendukung program pemerintah pusat untuk pemulihan ekonomi daerah. Harapannya dapat membangun optimisme bahwa pasca pandemi kita semua bisa pulih lebih cepat bangkit lebih kuat,” kata Walikota Santoso.

“Blitar Ethnic National Carnival adalah wujud semangat nasionalisme sekaligus rasa syukur kita atas nikmat kemerdekaan yang kita nikmati bersama,” tutupnya.

Peserta Blitar Ethnic National (BEN) Carnival menyuguhkan penampilannya dengan rute mulai dari kantor DPRD Kota Blitar hingga Aloon-Aloon Kota Blitar.

Hadir dalam Kegiatan yang spektakuler tersebut selain Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK), Prof Dr Muhadjir Effendy M.A.P juga hadir Staf Ahli Menteri Parekraf RI, Perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sub Koordinator Event Daerah 2, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Kepala Bakorwil III Jawa Timur Malang, Forkopimda dan undangan lainnya.

Pertunjukan ini di siapkan secara matang untuk go internasional terbukti dari penataan panggung dan MC yang piawai berbahasa Inggris.

Kota Bengkulu

Pewarta : Novi

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button