DaerahHeadlineriau

BMKG Ingatkan Masyarakat Riau Waspada Terhadap Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir

 Pekanbaru,mitratoday.com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat Provinsi Riau tentang kondisi cuaca ekstrim yang diperkirakan akan melanda sebagian wilayah di Riau.
   BMKG menghimbau kepada masyarakat Riau agar tetap waspada terhadap dampak lanjutan yang dapat ditimbulkan kondisi cuaca seminggu kedepan terhitung dari tanggal Sepuluh (10) hingga ke tanggal Enam Belas (16) bulan ini, seperti banjir, genangan air, angin kencang, pohon tumbang, dan jalanan licin.
  BMKG mengeluarkan Peringatan Dini terkait Waspada hujan lebat yang dapat disertai angin kencang dan petir di sebagian wilayah di Provinsi Riau diantaranya, Kab. Meranti, Kab. Rohul, Kab. Kab. Rohil, Kampar, Kota Pekanbaru, Kab. Pelalawan, Kota Dumai, Kab. Siak dan Kab. Inhu pada siang atau di sore hari.
Peringatan Dini
Waspada hujan lebat yang dapat disertai angin kencang dan petir di sebagian wilayah Kab. meranti, Kab. Rohul, Kab. Rohil, Kab. Kampar, Kota Pekanbaru, Kab. Pelalawan, Kota Dumai, Kab. Siak dan Kab. Inhu pada siang/sore hari, (Dilansir dari laman www.bmkg.go.id). Dilansir dari laman www.bmkg.go.id dalam keterangannya, Deputi BMKG, Mulyono R. Prabowo menjelaskan, peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia beberapa hari terakhir merupakan dampak dari aktivitas aliran massa udara  dingin Asia (Monsun Dingin Asia) yang signifikan. Dan diprediksikan seminggu kedepan akan ada aliran massa udara basah yang menjalar dari barat Samudra Hindia menuju kewilayah Indonesia bagian barat yang dikenal dengan Fenomena Madden Julian Oscillation (MJO).
“Interaksi kedua fenomena tersebut dan ditambah dengan tingginya aktivitas gangguan tropis, berupa sirkulasi dan pertemuan angin dapat menyebabkan dan meningkatkan potensi terjadinya hujan lebat yang dapat disertai kilat (Petir-red) dan angin Kencang khususnya di Sumatera dan Jawa,” ungkap Prabowo, Jakarta, Senin (10/12/18).
   Sementara itu, potensi gelombang setinggi 2.5 hingga 4.0 meter diperkirakan akan terjadi di wilayah perairan Utara Kepulauan Natuna, perairan Barat Kepulauan Simeulue hingga Mentawai, perairan Bengkulu – Enggano, perairan Barat Lampung, Samudra Hindia selatan Jawa hingga Lombok.
   Selain itu, BMKG mempersilahkan bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi cuaca terkini untuk dapat menghubungi layanan informasi BMKG 24 jam.( Iswandi)
Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button