BPJS Ketenagakerjaan dan UKM-IKM Nusantara Cabang Jember Kerjasama Tingkatkan Kepesertaan

Pewarta : Solichin

Jember,Mitratoday.com-BPJS Ketenagakerjaan Jember bekerjasama dengan UKM-IKM Nusantara Cabang Jember dalam upaya meningkatkan kepesertaan badan penjamin sosial tersebut.

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) dilakukan langsung oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Jember R. Edy Suryono dengan Ketua UKM-IKM Nusantara Cabang Jember Rendra Wirawan, dan disaksikan langsung oleh Bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto pada Jumat malam (16/4/2021).

Bupati Hendy dalam sambutannya menyampaikan pentingnya BPJS Ketenagakerjaan, dan apa yang telah dilakukan saat ini oleh UKM-IKM Nusantara sudah tepat.

“Ke depan, kami akan mewajibkan seluruh pegawai formal maupun nonformal hingga ke tingkat RT, RW menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,”ucap Bupati Hendy.

Di samping itu, Bupati juga mengajak UKM-IKM Nusantara Cabang Jember untuk bersinergi dengan Pemkab Jember dan memberikan gagasan terkait strategi yang dapat dilakukan agar mampu berkembang dan naik kelas.

Hendy juga meminta para pelaku UKM untuk membuat deskripsi lengkap mengenai produknya, sehingga Pemkab Jember bisa memasarkannya.

“Dengan kekuatan penduduk Jember yang 2,6 juta jiwa ini, kenapa tidak kita pasarkan saja dulu di Jember, diproduksi oleh orang Jember dan dibeli kita dulu warga Jember. Sekarang ini hari Jumat, kami wajibkan pegawai di lingkungan Pemkab Jember untuk mengenakan sarung, dan nanti kita design sarung ini berbahan batik, beli dimana batik itu, kita nanti beli ke para pengrajin batik di Jember,” jelas Bupati Hendy.

Hendy meminta para pelaku UKM untuk memaksimalkan produknya dengan kualitas yang bagus dan harga semurah-murahnya.

“Jadi apabila ada 10 UKM dengan produk yang sama misal produknya kripik, kenapa tidak bersatu saja menjadi satu kelompok, anggaran dananya satu dan memasarkannya bersama-sama, itu lebih efisien. Dapat labanya memang lebih kecil, tapi kalau ini kecepatan perputarannya cepat,”Sambung Bupati Hendy.

Ketua UKM-IKM Cabang Jember, Rendra Wirawan mengaku senang atas dukungan positif dari Bupati Jember untuk kemajuan UKM.

Rendra meminta Pemkab Jember untuk membuat database yang tepat sesuai, sehingga pihaknya akan mengarahkan database tersebut ke berbagai pihak serta untuk pembinaan UKM itu sendiri agar lebih terukur dan tepat sasaran.

“Kita harus bisa membangun pola pikir masyarakat Jember untuk lebih progresif dan dinamis dalam membangun perekonomian. UKM Jember harus bisa memaksimalkan wadah ini, apalagi sudah mendapat dukungan penuh dari Bupati Jember dan BPJS Ketenagakerjaan, sehingga dengan kolaborasi ini muncul sinyal UKM Jember akan lebih baik lagi,”Ujar Rendra.

Rendra menjelaskan, kesepakatan yang ditandatanganinya kali ini adalah seluruh pengurus juga pelaku UKM yang tergabung dengan UKM-IKM Nusantara Cabang Jember ini wajib menjadi peserta BPJamsostek.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Jember, R. Edy Suryono menyampaikan terima kasihnya atas kesepakatan ini. Dengan demikian, semakin luas lagi dan meningkat lagi kepesertaan BPJamsostek dalam menjamin kepastian bagi para pekerja dan para pengusaha di Kabupaten Jember.

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close