BENGKULUBengkuluHeadline

BPS Bengkulu Akan Melaksanakan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM 2023

Bengkulu,mitratoday.com – Kementerian Koperasi dan UMKM bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS), melaksanakan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM (PL-KUMKM) untuk memperoleh data Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak di berbagai aktivitas usaha kecuali usaha pertanian.

Terkait hal itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengajak seluruh lapisan masyarakat Bengkulu, khususnya para pelaku UMKM dan Koperasi, untuk mensukseskan kegiatan tersebut, dengan menyampaikan data lengkap kepada petugas pendataan.

Pendataan Lengkap akan dilaksanakan petugas BPS yang akan terjun ke lapangan mulai 15 September hingga 14 Oktober 2023.

“Maka saya mengajak kita semua jajaran masyarakat bersama pemerintah untuk mensukseskan pendataan ini. Kegiatan ini sungguh penting agar kita mendapatkan kondisi pemetaan terhadap Koperasi dan UMKM, sehingga kebijaksakan yang bisa diambil akan tepat sasaran dan terarah,” terang Gubernur Rohidin usai terima audiensi Kepala BPS Provinsi Bengkulu beserta jajaran, di Ruang Kerja Gubernur Bengkulu, Rabu (13/09).

Dijelaskan Kepala BPS Provinsi Bengkulu Win Rizal, PL-KUMKM akan menyasar kepada 7 output sensus, yaitu pelaku usaha, unit usaha atau perusahaan menurut wilayah maupun lapangan usaha, pengguna tenaga kerja serta pasokan dan pasar.

Selanjutnya struktur pendapatan dan pengeluaran dari kegiatan usaha, permodalan dan pemanfaatan digitalisasi pada Koperasi dan UMKM.

“Jadi PL-KUMKM 2023 akan mencakup beberapa kegiatan usaha mulai dari usaha keluarga, usaha menetap, usaha tidak menetap dan usaha keliling. Jadi kita harapkan peran aktif pelaku usaha Koperasi dan UMKM, sehingga data yang disampaikan sesuai dengan kondisi KUMKM saat ini,” jelasnya.¬†(MC/Kmf)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button