Buka Diklat Jurnalistik, Ini Pesan Wakil Bupati Bagi Awak Media

Penulis : Sigit

Malang,Mitratoday.com-Wakil Bupati Malang Drs.H.Didik Gatot Subroto.SH.MH mengajak seluruh awak media untuk ikut membangun Kabupaten Malang. Caranya adalah dengan memberikan informasi faktual dan mendidik kepada masyarakat.

Hal ini diutarakan Didik, saat membuka diklat jurnalistik bagi wartawan Kabupaten Malang di hotel Ibis Kota Malang rabu (9/6/2021).

Didik menilai, peran awak media, tidak dapat dianggap remeh karena dari pemberitaan media itulah,masyarakat akan mengetahui dan mengerti seputar program pembangunan di Kabupaten Malang.

Rekan media ini kan sudah menjadi semacam media partner bagi Pemerintah, tentu saja tugas nya adalah memberikan informasi, edukasi secara aktual dan terpecaya kepada masyarakat, tujuannya, masyarakat akan tahu seperti apa pembangunan di Kabupaten Malang saat ini,” terang Didik Gatot Subroto.

Kendati demikian, ia juga mengingatkan  agar media tidak membuat berita opini tanpa ada informasi yang faktual, hal ini, lanjut Didik perlu disampaikan agar masyarakat tidak termakan berita-berita yang cenderung menyesatkan dan menimbulkan penilaian negatif soal yang diberitakan.

“Harus sesuai fakta, minimal ada sumber yang di tanya, ini perlu sekali kita sampaikan agar masyarakat tidak termakan berita-berita hoax yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,”tandas Didik Gatot Subroto.

Kode etik Jurnalistik, lanjut Didik juga harus menjadi pegangan bagi awak media, artinya berbagai aturan yang tertera dalam rangkuman kode etik jurnalistik tersebut harus diterapkan dalam aktivitasnya menjadi penyampai informasi kepada masyarakat.

“Dengan demikian, kita dari Pemkab Malang berharap banyak dari rekan media  dari peran besar awak media sebagai penyambung lidah Pemerintah tersebut, agar mampu menyajikan berita berkualitas sehingga masyarakat tahu dan mengerti tentang berbagai program yang dikerjakan Pemerintah,”pungkas Didik Gatot Subroto.

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Back to top button
Close
Close