BlitarDaerah

BUMDESMA Gemilang Talun Siap Menjadi Bumdes Mart Percontohan

Blitar,mitratoday.com – Wacana Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar membuat Bumdes Mart di setiap Desa, mendorong Bumdesma Gemilang Kecamatan Talun tergerak untuk mempelopori nya.

Hal ini di katakan Direktur BUMDESMA Gemilang, Eko Rendro Priaswanto, SE pada Mitratoday Rabu (16/02/2022).

“BUMDESMA Gemilang Talun atau Badan Usaha Milik Desa Bersama, dulu ini dari eks PNPM Mandiri Pedesaan. Alhamdulillah sudah mempunyai dua kegiatan usaha, salah satunya perdagangan. Kita sudah mendapatkan sertifikat Badan hukum dari kemenkumham dengan Nomor AHU 54 Tahun 2022 Tanggal 17 Februari.” Kata Eko.

Jadi secara legalitas, Eko tegaskan sudah siap, dan secara permodalan pihaknya ada penyertaan modal dari Desa. Desa dan s

“Saat ini kita sudah menjalani usaha perdagangan, alangkah lebih baik jika ada program dari Pemerintah Daerah untuk membuat Bumdes Mart bisa bersinergi dan kita siap menyambutnya,” ujar Eko.

Dari 10 Desa dan 4 Kelurahan semua bergabung di BUMDESMA Gemilang, bahkan dari 10 Desa sudah menerbitkan Peraturan Bersama Kepala Desa Nomor 1 Tahun 2022 tentang pembentukan Badan Usaha Milik Bersama Sama.

BUMDESMA Gemilang Talun saat ini bergerak dalam dana bergulir masyarakat yaitu pemberian pinjaman lunak kepada kelompok masyarakat, dan satu tahun ini perdagangan sembako seperti beras, minyak, gula dan lain lain,” ungkap Eko.

Ia berkeinginan agar BUMDESMA GemilangĀ  menjadi Bumdes Mart percontohan di Kabupaten Blitar jika Pemerintah Daerah berkeinginan.

“Karena kita mampu dari semua segi, permodalan kita punya sebanyak 100 juta sampai 150 jutaan, dari SDM kita juga mumpuni paham mengerti dan rata rata tamatan S1. Ketiga, kita mempunyai pangsa pasar, jaringan dari tingkat Kecamatan sampai kelompok kelompok di Desa.” Terangnya.

Jika BUMDESMA Gemilang Talun dapat bersinergi ia ingin bertemu dengan Tim dari Pemerintah Daerah yang akan meluncurkan Bumdes Mart guna mengetahui Konsepnya dan grand design seperti apa. “Ya, sharing dulu lah. Ketika sudah jelas dan bertemu, baru kita konsep seperti apa nanti,” ungkap Eko.

Eko sampaikan bahwa produk-produk unggulan dari berbagai UMKM pun dapat di tonjolkan di BUMDESMA Gemilang.

“Seperti di Desa Jabung ada ternak Koi, dan produk kue buatan UMKM. Nanti dapat kita tonjolkan jika berdiri Bumdes Mart.” Tandasnya.

Harapan saya ,” jika kita BUMDESMA Gemilang bisa menjadi Bumdes Mart

Harapan Eko jika Bumdes Mart percontohan Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar dan sudah berjalan, dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Kabupaten, terutama masyarakat Kecamatan Talun, “Kedua, kita dapat bersaing dengan Toko-Toko modern seperti Alfa atau Indo mart,” jelas Eko.

Apalagi jika dapat bersaing dengan harga yang murah, namun produk kualitasnya bagus. Eko katakan masyarakat bisa beralih untuk membeli dan keuntungannya bisa kembali.

“Kita dapat memberdayakan masyarakat, jadi program Kabupaten bisa berjalan dan bersinergi dengan program kita dari BUMDESMA Gemilang Talun,” Pungkasnya.

Perlu diketahui, BUMDESMA Gemilang setiap tahunnya dari keuntungan dana bergulir yang dikelola selama di sisihkan untuk anak yatim, kepada Desa Desa Per Kecamatan sebesar 100 juta, dibagi Per Desa sesuai kontribusi dari kelompok masyarakatnya.

Pewarta : Novie

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button