DaerahSumatera Utara

Bupati Dairi Kunjungan Lapangan dan Serahkan Bansos Ke Tutor PAUD

Penulis : Zef

Sidikalang,Mitratoday.com-Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu melakukan kunjungan lapangan ke beberapa desa yang ada di Kabupaten Dairi guna memastikan bantuan sosial dari pemerintah baik Pusat dan daerah sampai ke masyarakat yang ada di Kabupaten Dairi hingga ke masyarakat di tingkat dusun, Sabtu (16/05/2020). Kunjungan lapangan sekaligus dirangkaikan dengan pembagian bantuan sosial kepada puluhan penyelenggara dan tutor PAUD.

Dalam kunjungan lapangan ini, Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu melakukan pengecekan kesiapan pelayanan yang ada di kantor-kantor desa. Beberapa kantor desa yang didatangi yakni Desa Kuta Buluh, Kecamatan Tanah Pinem dan Desa Lae Nuaha, Kecamatan Siempat Nempu Hulu. Pengecekan Pelayanan kantor desa yang dilakukan, seperti papan informasi penerima bantuan sosial masyarakat miskin dalam penanganan Covid-19 dan juga laporan pendataan terkait penyaluran Bansos ke masyarakat serta pengecekan kesiapan para perangkat desa.

Sidak Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu tersebut mendapat sambutan yang hangat dari Sastra Pinem selaku Kepala Desa Kuta Buluh para perangkat pemerintah desa serta masyarakat setempat. Begitu juga di desa Lae Nuaha, Kecamatan Siempat Nempu Hulu disambut hangat oleh Kepdes Wahyu Sagala bersama perangkatnya dan warga desa.

Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan kepada pemerintah Desa agar setiap informasi tentang penyaluran Bantuan yang datang dari pemerintah agar ditempelkan dan dipampangkan di papan informasi untuk memudahkan seluruh masyarakat memperoleh informasi penerima bantuan dan besaran bantuan serta jenis bantuan. Diharapkan masyarakat di desa dapat berpartisipasi aktif, agar bantuan tepat sasaran oleh karenanya Kepala Desa wajib mengumumkan daftar calon penerima.

Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu juga menegaskan agar pemerintah Desa tidak tebang pilih dalam membantu seluruh masyarakat. Yang mana, BLT Dana Desa diharapkan akan mencakup warga miskin di desa yang tidak ditampung oleh Program Jaringan Pengaman Sosial (JPS) yang diselenggarakan oleh Kementrian Sosial RI, yakni Non PKH atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Warga sasaran adalah anggota masyarakat yang kehilangan mata pendapatan harian mereka akibat Pandemi Covid-19. Diharapkan juga mencakup anggota masyarakat miskin yang belum terdata dan warga masyarakat miskin dengan anggota keluarga mengalami disabilitas penyakit menahun atau kronis.

“Saya datang kemari mau memastikan bahwa ini telah diumumkan, kepada Pak Kades yakinkan masyarakat agar tidak resah, kita harus tolong masyarakat walau kadang banyak tantangan, walau hidup tidak ada yang sempurna kita harus lakukan yang terbaik,” ujar Eddy Berutu.

Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu juga berharap agar pihak desa yang mendata agar tetap melampirkan berupa tanda terima seperti halnya melampirkan KTP, Foto dan Nomor HP. Hasil pendataan harus dibuat dalam Berita Acara yang turut ditandatangani oleh unsur Kepolisian dan TNI di tingkat desa.

“Baik bantuan tunai maupun bantuan yang berbentuk sembako, saya pesankan kepada tim yang mendata agar melampirkan buktinya. Kita bisa minta bantuan dari Babinsa ataupun Bhabinkamtibmas. Intinya kita harus tetap berpihak kepada masyarakat. Kepada masyarakat saya juga pesankan ini saatnya kita harus bahu membahu, jika ada masyarakat yang belum di data agar saling menginformasikan, kita sama-sama berdoa agar pandemi ini cepat berlalu dari kita,” pungkas Eddy Berutu.

Dalam kunjungan lapangan ini, di hari yang sama Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu juga menyampatkan diri memberikan bantuan sembako kepada lapisan masyarakat yang terimbas ekonomi akibat Pandemi Covid-19 yakni kepada para Tutor Paud di empat Kecamatan yang ada di Kabupaten Dairi diantaranya Kecamatan Gunung Sitember, Kecamatan Tigalingga, Kecamatan Siempat Nempu Hulu dan Kecamatan Tanah Pinem.

Dalam hal bantuan sosial PAUD di berbagai desa dan berbagai kecamatan ini, Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu juga mendapat sambutan hangat dari para Camat yakni Camat Gunung Sitember Jonatan Ginting, Camat Tigalingga Timbul Sahala Tamba, Camat Siempat Nempu Hulu Iis Hamidah Ujung dan Camat Tanah Pinem Sion Sembiring para Kepala Desa, Tutor dan Penyelenggara serta masyarakat setempat. Dimana bantuan sembako ini berasal dari Gaji 5 bulan Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu, donasi para ASN Kabupaten Dairi dan sumbangan masyarakat yang dirasakan sangat meringankan beban masyarakat ditengah situasi sulit pandemi Covid-19. Dan sesuai protokol kesehatan yang mengharuskan para murid belajar dari rumah maka sejak akhir Maret sampai saat ini para orangtua mengalami kesulitan dalam pembayaran uang sekolah di desa menjadi keluhan tersendiri bagi penyelenggara/ Tutor PAUD untuk menutup ongkos penyelenggaraan belajar mengajar dan membayar honor Tutor.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button