Bupati Dairi Tinjau Operasi Pasar Murah Sembako dan Gas Oleh Pemkab

Penulis : Zef

Sidikalang,Mitratoday.com-Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu meninjau operasi pasar murah sembako dan gas LPG 3 Kg yang dilakukan Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi (Perindagkop) dan UKM Kabupaten Dairi. Kegiatan dilaksanakan di Desa Bintang Mersada, Kecamatan Sidikalang, Selasa (19/5/2020).

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan, hari ini Dinas Perindakop dan UKM melakukan operasi pasar khusus bahan pokok dan gas LPG 3 kg. Ini merupakan program rutin menjelang Hari Raya Idul Fitri, karena kebutuhan pokok masyarakat umat muslim biasanya meningkat.

“Tetapi karena juga saat ini adanya wabah Covid-19, sehingga kita ingin melayani masyarakat lebih dekat, baik itu karena fluktuasi harga maupun ketersediaan barang. Layanan pasar.murah ini untuk membantu masyarakat miskin dan terdampak Covid-19 untuk beberapa bahan pokok dan Gas LPG 3 Kg. Saya sengaja datang untuk.meninjau pelaksanaan sekaligus ingin mengetahui kondisi masyarakat di saat pandemi Covid-19 ini, termasuk warga umat muslim yang akan merayakan Lebaran Idul Fitri nanti,” ujar Eddy Berutu.

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyebutkan, data dari Kepala Desa, bahwa umat muslim di Desa Bintang Mersada ada 250 Kepala Keluarga (Kk) dan mereka sangat antusias mendatangi lokasi pasar murah. Paling signifikan yang banyak dibeli masyarakat dalam operasi pasar ini adalah Gas.

“Gas ini bagi masyarakat kita, terkhusus masyarakat ekonomi lemah sangat dibutuhkan, karena mereka sudah tergantung menggunakan gas untuk memasak. Ketersediaan gas dan hargai yang terjangkau menjadi sangat penting. Disini kita menjual gas dibawa Harga Ecerean terendah (HET), dengan harapan bisa sedikit meringankan keuangan masyarakat dalam menyambut lebaran.

Dijelaskan Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu, untuk saat ini pasar murah masih dilaksanakan di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Sidikalang, Sitinjo dan Tigalingga. Untuk itu pergunakan sebaik-bainya dan jangan sampai ketinggalan.

“Namun, harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak saat melakukan antrian. Saya lihat ini sangat teratur dan masyarakat mengikuti dengan baik. Pada saat merayakan lebaran mari kita rayakan dengan khusyuk dan gembira di rumah masing-masing. Untuk menghindari penyebaran Covid-19, mari bersilaturahmi dengan sanak saudara menggunakan jaringan online, telephone atau video call,” terang Eddy Berutu.
.
Di kesempatan yang sama, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu juga secara langsung menyapa warga dan menayakan langsung keluhan dan persoalan yang dihadapi warga ditengah Pandemi Covid-19 termasuk penyaluran bantuan dari Pemerintah kepada masyarakat serta menerima keluhan ekonomi masyarakat ditengah situasi sulit Pandemi Covid-19.

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu pun langsung memberikan respon atas keluhan dari masyarakat tersebut sekaligus menitipkan ke Camat dimasing-masing wilayah agar persoalan ini segera dibahas ke tingkat Kabupaten bersama sekretariat daerah ataupun sekretariat gugus tugas jika menyangkut Covid-19 untuk mencarikan solusinya dengan segera.

Kabid Pengendalian, Pengawasan sarana perdagangan Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Dairi, Ridmo Padang BTH mengatakan, operasi pasar murah di tengah wabah pandemi Virus Corona Disease (Covid-19) yang dilakukan Pemkab Dairi melalui Dinas Perindagkop dan UKM untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan pokok dan gas LPG 3 kg dengan harga murah.

“Operasi pasar murah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun, khususnya hari besar keagamaan, seperti tahun Baru dan menyambut Hari Raya Idul Fitri,” kata Ridmo.

Disebutkannya, dalam kegiatan ini pihak Perindakop dan UKM juga menggandeng agen gas LPG 3 Kg. Untuk agen gas di Kabupaten Dairi ada 5 dan mereka sudah melakukan operasi pasar sejak kemarin, yakni di pusat pasar Sidikalang dan depan Kantor Pemkab Dairi.

Kegiatan operasi pasar murah sembako dan gas 3 kg akan dilaksanakan selama tiga hari, Senin-Rabu (18-20/5/2020). Untuk hari ini, pasar murah dilaksanakan di Desa Bintang Mersada, sedangkan besok dilaksanakan di dua titik, yakni di Kelurahan Sidiangkat, Kecamatan Sidiklang dan Desa Sitinjo, Kecamatan Sitinjo.

“Kiranya dengan pasar murah ini, masyarakat bisa menikmati Hari Raya Idul Fitri dengan bermakna walaupun di tengah pandemi Covid-19,” ujar Ridmo.

Menurut Ridmo, sambutan masyarakat dengan adanya pasar murah sangat luar biasa, mereka sangat senang dan terbantu. Untuk gas LPG 3 kg yang biasa harganya mencapai Rp. 25.000 per tabung, kini masyarakat cukup membeli dengan harga Rp. 15.000.

Harga telur ayam perpapan Rp. 30.000, Tepung Rp. 6.500 per kg, Gula putih Rp. 14.500, Minyak goreng kemasan 1 liter Rp. 11.000, Minyak Sunco Rp. 13.500 per liter, Beras kemasan 10kg Rp. 105.000.

“Masyarakat yang akan berbelanja kita batasi untuk jumlah barangnya, misalnya untuk gas hanya diperbolehkan membeli 2 tabung, telur ayam satu papan, beras 2 goni, gula putih 2 kg, minyak goreng 2 kilo dan tepung 2 kg,”terang Ridmo.

Ditambahkan Ridmo, untuk masyarakat yang berbelanja harus mematuhi protokol kesehatan dengan tetap melaksanakan physical distancing, dimana tidak boleh berbondong-bondong. Jadi tadi sudah diatur untuk dilakukan perdusun.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close