AdvertorialDaerahJember

Bupati Jember Tinjau Proyek Pembangunan Bendungan Duplang

Pewarta : Solichin

Jember,mitratoday.com-Bupati  Jember didampingi PLT Kadis Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PUBMSDA) Kabupaten Jember Rahman Anda meninjau pekerjaan proyek bendungan duplang pada Rabu (16/11/2021), tepatnya di Dusun Duplang Desa Kamal Kecamatan Arjasa.

Pelaksanaan proyek pada tahun 2021 itu untuk membantu masyarakat petani setempat agar kebutuhan air tetap terjamin ketersediaannya.

“Ini bagian dari proyek kita yang dilaksanakan oleh PT Sari Utama, dan konsultannya pilar konsultan. Hari ini sudah selesai dengan masa pemeliharaan selama enam bulan, dan bendungan ini tentu untuk membantu petani kita sebagaimana produktivitas yang bisa meningkat lagi,” ujar Hendy

Dengan di bangunnya bendungan air duplang tersebut dapat mengaliri persawahan untuk kebutuhan masa tanam pertanian.

Meski demikian, Bupati mengimbau kepada masyarakat setempat untuk ikut merawat bendungan agar keberadaannya tetap terjaga dengan baik. 

“Mudah-mudahan bendungan duplang ini dengan kapasitas 222 Hektare dapat mengaliri air ke sawah, semoga hasil pertanian mereka menjadi maksimal.” Tandasnya.

Ia menyarankan seyogyanya petani melakukan pola tanam yang tidak monoton. “Kebutuhan air ini sesuai dengan tanamannya, kalau petani terus-terusan tanam padi ya tidak cukup pada musim kemarau nanti, maka perlu ada pola tanam,” kata Bupati.

Bupati berharap ada edukasi kepada masyarakat setempat agar melakukan pola tanam yang dapat memaksimalkan ketersediaan air yang ada. 

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: