DaerahHeadline

Bupati Sleman Tergiur TPA Talangagung

Kabupaten Malang, Mitratoday.com – Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, M.Si bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Malang, hari ini Kamis (28/9). Kunjungan tersebut adalah untuk mempelajari cara dan teknis pengolahan sampah yang berada di TPA. Talangagung Kecamatan Kepanjen.
Dengan didampingi Wakil Bupati (Wabup) Malang Drs. HM. Sanusi, MM rombongan Bupati Sleman tersebut mengelilingi lautan sampah yang tidak berbau menyengat bahkan minim lalat tersebut. Bupati Sleman tampak tergiur dengan teknologi pengolahan sampahnya, dan untuk segera mempelajari dan diterapkan di wilayahya.
“Di TPA Talangagung ini, sampah yang dulunya menjadi momok masyarakat sekarang kita kemas sampah sebagai lahan yang layak untuk dipelajari, diolah dan dimanfaatkan bahkan jadi lahan wisata,” ungkap Wakil Bupati HM Sanusi.
Disampaikan bahwa, TPA Edukasi Wisata Talangagung tidak hanya sebagai pusat kajian saja tetapi juga menjadi tempat pelatihan teknologi persampahan. Terbukti Sejak 2010, terus memperbaiki diri dan TPA ini sudah di replikasi ke 80 kota Kabupaten di Indonesia. Banyak instansi-instansi dari luar kota yang melakukan studi banding disini serta mempelajari mekanisme secara rinci tentang pengolahan sampah yang sudah banyak dirasa manfaat pengolahannya seperti gas methannya.
“Selain dikelola dan dipelajari di TPA ini masyarakat sekitar sudah menerima manfaat hasil pengolahannya. Terutama gas methan yang dihasilkan sudah bisa mengaliri hingga 200 lebih dapur-dapur rumah tangga sekitar lautan sampah tersebut.” tandas Sanusi
Tidak kurang dari 4 jam rombongan Bupati Sleman saat mengelilingi sampah-sampah yang berada di TPA Talangagung dan bertatap muka langsung dengan petugas TPA Talangagung, bahkan tidak segan untuk mengajak diskusi sembari bertanya tentang kiat sukses pengolahan sampah di Kabupaten Malang khususnya di TPA Talangagung. “Kami akan segera belajar dan mengkaji sejauh mana di wilayah kami bisa segera mencoba kiat – kiat pengolahan sampah di wilayah kami yang mencapai 500 ton per hari,” ungkap Sri Purnomo .
Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ir. Budi Iswoyo, MT yang turut dalam acara kunjungan tersebut mendampingi Wakil Bupati Malang, mengatakan, ke depannya akan menjadikan TPA Edukasi Wisata Talangagung sebagai pusat kajian juga menjadi tempat pelatihan teknologi persampahan.
“TPA Talangagung saat ini sudah menjadi pusat kajian pengembangan penerapan teknologi persampahan, sehingga diharapkan bisa menjadi satu-satunya tempat pelatihan Nasional. Nanti kami juga akan bekerjasama dengan pihak kementerian,” tandasnya.
Qoderi salah satu petugas menyampaikan jika TPA Talangagung saat ini sudah tersedia tempat perkemahan jadi siapa saja boleh kemah asalkan mereka izin terlebih dulu. TPA Talangagung selain sudah tersedia tempat perkemahan, juga akan dibangun jaringan gas methan di belakang lokasi perkemahan dan air bersih. Sehingga pada saat berkemah hanya tinggal membawa alat memasak karena kompor disediakan disini,” katanya.
Dalam kegiatan kunjungan ke lautan sampah TPA Talang Agung tersebut juga turut mendampingi Bupati Sleman dan Wakil Bupati Malang, Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Malang Drs. Suwadji, S.IP., M.Si. serta beberapa stasiun televisi nasional dan media massa dari wilayah Propinsi Jawa Tengah.(GT)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button