DaerahTanjung Jabung Barat

Bupati Tanjabbar Ikuti Bincang Stranas Pencegahan Korupsi di Lingkungan BUMD

Tanjung Jabung Barat,mitratoday.com – Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs H Anwar Sadat, M.Ag mengikuti Bincang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi yang bertajuk “Pencegahan Korupsi di Lingkungan BUMD dengan Penguatan Fungsi dan Pengawasan”, Kamis (08/09/22).

Acara yang diikuti secara virtual tersebut turut dihadiri Asisten, Inspektorat, Kabag Ekonomi, Pimpinan Bank 9 Jambi Kuala Tungkal, Direktur BPR Tanggo Rajo beserta Komisaris, Direktur Perumda Tirta Pengabuan, Dewas PDAM, PT Jabung Barat Sakti dan seluruh Pejabat Daerah, BUMN, serta BUMD se-Indonesia.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu tujuan didirikannya BUMN/BUMD yakni menggerakkan roda perekonomian suatu negara atau daerah.

“Selain itu untuk meningkatkan penerimaan negara terutama dari dividen untung perusahaannya.” Kata Alex.

Ia juga mengatakan bahwa BUMD memegang peranan penting dalam pembangunan daerah, karena menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) di samping pajak dan retribusi.

Namun, menurutnya BUMD kerap disalahgunakan  segelintir pihak demi melanggeng kan kekuasaan dan kepentingan pribadi. Sehingga perlu perbaikan tata kelola untuk memaksimal kan peran BUMD dan mencegah terjadinya penyalahgunaan fungsinya.

“Salah satu aksi pencegahan korupsi yang didorong oleh Stranas PK adalah penguatan Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) termasuk mendorong penguatan Satuan Pengawas Internal (SPI) di BUMD,’’ tuturnya.

Usai mengikuti kegiatan tersebut, Bupati Tanjabbar sampaikan bahwa ada beberapa catatan yang bisa diambil, diantaranya perbaikan beberapa BUMD yang belum maksimal untuk menggali potensi-potensi daerah agar memberikan sumbangsih untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kita juga diminta untuk melakukan penguatan Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) terhadap kinerja BUMD yang ada di Kabupaten/Kota khususnya di Tanjung Jabung Barat,” ujar Bupati.

Bupati menambahkan, di Kabupaten Tanjabbar sendiri ada beberapa BUMD yang di antaranya Perumda Tirta Pengabuan, Jabung Barat Sakti, BPR dan Bank 9 Jambi.

“Kita hari ini masih dalam kategori yang cukup baik, tinggal beberapa bagian yang perlu di perbaiki, terutama pada aspek manajemen dan penataan BUMD. InsyAllah setelah pertemuan ini kita akan melakukan rapat kembali dalam rangka memperbaiki BUMD sehingga betul betul dapat memberikan sumbangsih untuk PAD di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.” pungkasnya.

Pewarta : Armain

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button