DaerahHeadlineMalang

Capaian Imunisasi Balita Menurun Akibat Pandemi Covid, Ini Yang Dilakukan Pemerintah

Malang,mitratoday.com – Pandemi Covid 19 sejak Maret 2020 lalu nyatanya memporakporandakan tidak saja dari sisi ekonomi. Bahkan dari sisi kesehatan menyebabkan sejumlah kegiatan ikut menurun, salah satunya target capaian imunisasi bagi Balita.

Padahal imunisasi Balita itu sendiri adalah hak anak dengan harapan nantinya akan tumbuh menjadi generasi unggul dan sehat.

Data di Kementerian Kesehatan lanjut Mursyidah, tercatat sejumlah 1,7 juta anak Indonesia belum mendapatkan imunisasi lengkap. Sementara di Kabupaten Malang sendiri ditahun 2020 lalu capaian imunisasi balita mencapai 102,6 persen.

“Tapi di tahun 2021 turun dikisaran 95,6 persen,” ujar Mursyidah, Kamis (28/7/2022).

Artinya jumlah anak yang belum diimunisasi menjadi semakin bertambah banyak. Kondisi seperti inilah, lanjut Mursyidah yang harus digarap pemerintah secara masif, karena dampaknya jika tidak diimunisasi bisa berpotensi terserang berbagai macam penyakit diantaranya difteri , rubel dan campak.

Untuk itulah Pemerintah lewat Kementerian Kesehatan, lanjut Mursyidah mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di seluruh Indonesia dengan menyasar anak usia balita antara 12 bulan hingga 59 bulan. Harapannya lewat program tersebut Indonesia kedepan menjadi negara bebas penyakit anak terutama polio.

Kapan waktunya, Mursyidah menjelaskan jika BIAN ini sudah dicanaangkan sejak bulan Mei lalu. Sementara tahap kedua akan dilaksanakan mulai Agustus mendatang.

“Ditahap kedua ini, kita tambah dengan 3 jenis vaksin imunisasi diantaranya untuk anti diare, promenias . Total ada sekitar 14 jenis dosis vaksin imunisasi bagi anak,” tutur Mursyidah.

Meski demikian diakuinya, untuk mendorong masyarakat untuk membawa balitanya mengikuti imunisasi tersebut bukan perkara yang mudah. Sehingga lewat promosi -promosi kesehatan, animo masyarakat untuk imunisasi tersebut kembali tinggi.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button