DaerahHeadlineMalang

Capaian Vaksinasi Pakis 99 Persen, Dua Hari Lagi Ditarget Tuntas 100 Persen

Pewarta : Sigit

Malang,mitratoday.com-Percepatan program target Vaksinasi 70 persen dosis kesatu, 15 desa di wilayah Kecamatan Pakis saat ini sudah mencapai 99 persen.

Hal ini diutarakan Camat Pakis Agus Hariyanto saat ditemui Mitratoday.com minggu (17/10/2021).

Ia mengaku dari 15 desa di wilayah Pakis, 12 desa sudah tuntas 100 persen vaksinasi dosis kesatu dari 70 persen target pemerintah. Sedangkan 3 desa lainnya ditarget tuntas tiga hari mendatang atau tepatnya 19 Oktober 2021.

Ketiga desa tersebut diantaranya Sumberkeradenan, Pakiskembar, dan Sumber Pasir yang di target tuntas 100 persen dosis kesatu.

“Total keseluruhan 111.478 ribu data masyarakat wajib vaksin versi data desa saat ini sudah tuntas sekitar 110.968 atau sekitar 99 Persen, sisanya kita tuntaskan hingga 19 Oktober 2021 mendatang. Insyaallah tuntas,”kata Agus Hariyanto.

Data jumlah masyarakat wajib vaksin tersebut, kata Mantan Camat Sumbermanjing Wetan tersebut terdapat selisih sekitar 6000 jiwa dari data milik Dispendukcapil. Selisih tersebut lanjut Agus Hariyanto lebih disebabkan ada yang meninggal, pindah domisili dan sakit.

Capaian ini, berkat usaha keras semua pihak ya, bukan karena personal-personal, tapi berkat kerja keras kita bersama TNI, Polri, Nakes dan Pemerintah Desa yang terus melakukan sosialisasi untuk meyakinkan masyarakat soal pentingnya vaksinasi untuk mencegah diri agar terhindar dari virus Covid-19, Alhamdulillah kerja keras kita, masyarakat bersedia mengikuti vaksin,”tutur Agus Hariyanto.

Disinggung soal tenaga kesehatan untuk vaksinasi, Agus mengaku mendapat bantuan tenaga dari TNI AU dan Kesdam V Brawijaya. Bantuan tersebut dinilai Agus sangat menguntungkan lantaran pihaknya mematok target harian vaksin mencapai 3000 sasaran.

Di satu sisi dari sekitar 12 tim vaksinator Puskesmas Pakis hanya mampu menyelesaikan 1.500 target Sasaran setiap hari.

Apakah sempat meminta tambahan tenaga vaksinasi ke Dinkes Kabupaten Malang, Agus menjawab pihaknya sempat berkirim surat ke Dinkes meminta support Nakes Vaksinator. Namun hingga saat ini ungkap Agus belum ada bantuan tenaga Vaksinator dari Dinkes.

“Akhirnya kita coba berkomunikasi dengan TNI AU dan Kesdam, Alhamdulillah kita dapat bantuan tenaga vaksinator sehingga target harian sejumlah 3000 bisa kita capai,”pungkas Agus Hariyanto.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
error: