DaerahHeadlineMalang

Catat, Per 1 Juni 2022 Tarif Air Perumda Tirta Kanjuruhan Naik

Malang,mitratoday.com – Pelanggan air Perumda Tirta Kanjuruhan agaknya harus lebih berhemat menggunakan air di rumah. Pasalnya mulai tanggal 1 Juni 2022 mendatang Perumda Tirta Kanjuruhan bakal menaikkan tarif layanan air bagi pelanggan.

Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan Syamsul Hadi melalui Kepala Bagian Umum Wahyu Dharmawan mengatakan kebijakan untuk menaikkan tarif pelanggan air Perumda Tirta Kanjuruhan ini sudah melalui berbagai pertimbangan yang cukup matang, salah satunya survey tingkat kepuasan pelanggan.

“Sehingga dari hasil survey ini kita tahu sejauh mana masyarakat merasa puas dengan layanan yang kita berikan,” kata Wahyu Dharmawan selasa (17/5/2022).

Selain berdasarkan hasil survey, proses kebijakan menaikkan tarif air pelanggan tersebut lanjut Wahyu juga sudah disosialisasikan kepada sejumlah perwakilan pelanggan lewat Yayasan Lembaga Konsumen Malang.

Alhasil dari hasil survey, masyarakat merasakan kepuasan terhadap layanan air yang diberikan Perumda Tirta Kanjuruhan. Terutama kebijakan pemberian subsidi bagi Pelanggan Masyarakat Berpenghasilan Rendah sebesar 10 meter kubik.

Meski demikian Perumda Tirta Kanjuruhan memastikan bahwa besaran kenaikan tarif tersebut dinilai sangat proporsional.

Wahyu merinci, penyesuaian tarif penggunaan air Perumda Tirta Kanjuruhan akan dinaikan sebesar Rp 500, atau sekitar 15% hingga 17% dari semula sebesar Rp 2.450 per m³ menjadi Rp 2.900 per m³. mengacu pada Permendagri nomor 70 tahun 2016 dan nomor 21 tahun 2020 dan Keputusan Gubernur tentang tarif batas bawah dan tarif batas atas. Sementara Tarif batas atas maksimal adalah 4 persen dari UMK.

Terakhir Wahyu menyampaikan bahwa kenaikan tarif air pelanggan tersebut tidak diberlakukan kepada pelanggan kategori MBR.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button