DaerahLampung

Cegah Merebaknya Penyakit Jembrana, PAVETI Cabang Lamteng Berikan Suntikan Antibotik Pada 1000 Sapi Bali

Lamteng,mitratoday.com -Sebanyak 1000 ekor sapi di Kecamatan Padangratu Kabupaten Lampung Tengah mendapatkan Suntikan vitamin dan antibiotik untuk mencegah terjangkitnya penyakit Jembrana yang akhir-akhir ini membuat resah peternak setempat, Rabu (13/02/19).
Kegiatan ini diinisiasi oleh Paramedik Veteiner Indonesia (PAVETI) Cabang Lampung Tengah, guna membantu pemerintah dalam menanggulangi penyakit pada sapi,kegiatan ini dinahkodai oleh Ketua DPC PAVETI Lampung Tengah Andi Antoni  yang menerjunkan  20 anggota PAVETI serta melibatkan ratusan peternak di Kampung Haduyang Ratu dan Padang Ratu.
Menurut ketua DPC PAVETI Lamteng Andi Antoni, kegiatan ini diadakan guna membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi menyebarnya penyakit yang saat ini membuat resah peternak di kampung tersebut,”Kegiatan ini untuk membantu pemerintah daerah untuk mencegah mewabah nya penyakit Jembrana, dimana Lamteng ini merupakan sentral populasi ternak sapi Bali. Dimana dari data yang kita punya sapi Bali di daerah kota ini sekitar 65 ribu dan secara kontinyu akan melakukan.
Setelah merebaknya penyakit jembrana mulai bulan lalu, Kami bersama ikatan Dokter Hewan Indonesia cabang Lamteng melakukan penyuluhan atau pengobatan untung penanggulangan penyakit sapi Jembrana ini,untuk diketahui, Kata Andi, Penyakit sapi jembrana ini sudah ada sejak tahun 1965 dan untuk pertama kali terjangkit ada diwilayah Kabupaten Jembrana provinsi Bali.
Untuk penyakit Jembrana diprovinsi Lampung pertama kali ada wilayah kecamatan Seputih Raman Kampung Rama Dewa itu pada tahun 1987, insya Allah kita bersama-sama pemerintah sangat mengharapkan untuk penggalangan dana, pemikiran dalam menjaga stabilitas supaya tidak menurun populasi sapi Bali diwilayah Lampung Tengah ini,”ungkap Andi.
Dari keterangan Andi, kegiatan ini terlaksana berkat dukungan seluruh anggota PAVETI Lamteng yang turut prihatin nasib peternak sapi,” Ya ini semua berkat dukungan dari anggota PAVETI dan sedikit uang kas kami, selain memberikan suntikan antibiotik kami juga memberikan obat untuk penyemprotan kandang supaya sapi terhindar dari terjangkitnya penyakit Jembrana ini,”tuntas Andi Antoni.
Menanggapi ada penyuntikan gratis ini, Rudiyanto salah satu peternak  di kampung Haduyang Ratu mengatakan sangat mengapresiasi atas tindakan yang dilakukan PAVETI Cabang Lampung Tengah,” Saya sangat berterima kasih atas upaya Paramedik Veteiner Indonesia cabang Lamteng yang turut memperhatikan nasib kami peternak di Kampung Haduyang Ratu dan Padang ini, Paling tidak keresahan kami akhir-akhir ini bisa terbantu. Apalagi ini gratis tak dipungut biaya sedikitpun, kami berharap pemerintah ke depan dapat mengambil langkah-langkah konkrit dalam menindaklanjuti keluhan kami peternak,”tutupnya. (Iswan)
Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button