BlitarDaerah

Cerita Kades Pasirharjo Membantu Proses Ibu Melahirkan di Jalanan

Blitar,Mitratoday.com-Peristiwa Seorang ibu warga Desa Kendalrejo Kecamatan Talun yang melahirkan di jalanan di bantu oleh Kepala Desa Pasiharjo Kecamatan Talun kabupaten Blitar, Churori (40) sangat dramatis.

Kejadian ini berawal dari rasa ingin melahirkan (Kontraksi) yang di rasakan Ibu Aminah, dia bersama suaminya dan ketiga anaknya bergegas menuju Bidan Desa yang berada di Perumahan Desa Kendalrejo yaitu Bidan Umi.

Namun Bidan tersebut tidak berada di tempat, akhirnya ibu Siti Aminah melanjutkan menuju ke Bidan Desa tetangga, Desa Pasirharjo yang berjarak berdekatan. Namun lagi-lagi Bidan Desa Pasirharjo juga tidak berada di tempat.

Karena di samping rumah Bidan Desa adalah Kantor Desa Pasirharjo, maka Ibu tersebut beriinisiatif hendak menemui Kepala Desa guna mohon menghubungi Bidannya.

“Ibu tersebut hendak ke rumah saya sambil teriak-teriak di dekat rumah Bidan. Mendengar teriakannya, maka saya temui. Tak tahunya Ibu itu mau melahirkan, melihat situasi tersebut sayapun ke rumah Bidan, ternyata Bidannya tidak di rumah. Saya berusaha menghubungi, ternyata Bidannya masih dalam posisi mengemudi. Kemudian selanjutnya sewaktu saya mau mengantongi handphone, ibu tersebut sudah teriak-teriak mau melahirkan. Kalau saya ke puskesmas sudah tidak terkejar waktu lagi. Melihat darah sudah mengalir, terus saya lihat suaminya bawa anak kecil di gendong dan anak kecil yang satunya di gandeng, lalu ada penjaga Toko dekat sana memangku kepala Ibu Aminah, akhirnya saya beserta istri dan beberapa orang langsung membantu proses kelahirannya. Mungkin kalau kita terlambat sedikit anak tersebut lahir dengan posisi kepalanya tertahan celana si ibu. Kita bersyukur bisa cepat membantu, kalau tidak, saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Tapi Alhamdulillah kita cepat menangani proses melahirkan dengan selamat, walau kita semua yang disana sempat deg-degkan.”Terang Kades.

“Lalu setelah selesai saya memanggil warga saya yang bekerja sebagai perawat untuk melakukan pemotongan plasenta, kemudian setelah itu dibawa ke Puskesmas Talun untuk perawatan lebih lanjut,”Tambah Kades.

Untuk diketahui, Saat ini ibu tersebut beserta anaknya sudah di rawat di Puskesmas Talun dalam keadaan sehat.

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button