BengkuluBENGKULUHeadlineKesehatan

Conferensi Pers Vaksin Terkait Vaksin Kadaluarsa

Bengkulu,mitratoday.comTerkait kondisi vaksin yang telah memasuki masa Kadaluarsa atau expired, tepatnya 28 Februari, Kepala Dinas Kesehatan dan Kominfo Provinsi Bengkulu gelar conferensi pers pada 01 Maret 2022.

Kepala Dinas Kesehatan, Herwan Antoni menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan vaksinasi, pada saat ini pemerintah hanya melanjutkan guna mencapai target secara nasional.

“Tentu berkenaan dengan hal itu, pemerintah sudah melakukan upaya langkah-langkah strategi melalui satgas covid yang diketuai Gubernur.” Kata Herwan.

Langkah-langkah yang diambil antara lain, menjamin ketersediaan vaksin untuk alokasi provinsi Bengkulu dalam jumlah yang cukup dan tersedia. Selanjutnya menjamin dan menambah tenaga vaksinator, sebelumnya berjumlah 1.200 sekarang menjadi 1.600.

“Untuk faskes yang tercatat melakukan vaksinasi di provinsi Bengkulu Sekitar 230, selanjutnya upaya yang dilakukan adalah gerakan serentak vaksinasi di seluruh Kota dan Kabupaten di provinsi Bengkulu.” Jelasnya.

Langkah terakhir, Herwan sampaikan yakni bergerak dor to dor dari rumah ke rumah kepada warga yang belum divaksinasi atau belum sempat datang.

“Untuk target nasional vaksinasi Provinsi Bengkulu sudah mencapai 70%, vaksin pertama.” Tandasnya.

Berdasarkan data yang di ambil dari aplikasi SMILE, jumlah dosis vaksin yang tersisa se Provinsi Bengkulu pada hari Selasa 01 Maret 2022, dari 301.900 dosis dan saat ini tersisa 116.800 dosis, “Serta akan berubah setiap harinya, tergantung yang melakukan pendataan.” Terangnya.

Kemudian, kata Herwan Toni dosis yang sudah expired atau kadaluarsa selanjutnya akan dilaporkan ke pusat dan menunggu perintah apakah di musnahkan provinsi atau pusat.

“Karena vaksin ini sifatnya sentralistik, kebijakan semuanya dari pusat. Provinsi hanya sebagai pendistribusi,” tuturnya.

Terakhir Kepala Kominfo Provinsi Bengkulu, Sri Hartika, M.Si dalam hal ini mendampingi conferensi pers menghimbau agar masyarakat provinsi Bengkulu selalu menjalankan protokol kesehatan, agar tidak terjadi lebih banyak penularan.

“Karena saat ini provinsi Bengkulu sudah naik level 3 dari sebelumnya level 2.” Ucapnya.

“Kami berharap kerja sama yang baik kepada seluruh media yang hadir dan kawan-kawan wartawan agar dapat memberi berita yang positif dan selengkap lengkapnya,” tutup kadis Kominfo.

Pewarta : Yoki E

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button