Home » Daerah » Daya Beli Masyarakat Lamteng Melemah, Ini Penjelasannya

Daya Beli Masyarakat Lamteng Melemah, Ini Penjelasannya

Lampung tengah,mitratoday.com-Melemahnya daya beli masyarakat, Salah satu perusahaan ritel di Lampung Tengah keluhkan penurunan omset.
Manager Candra Departement store, Hanif, Mengatakan penurunan omset tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti banyaknya petani yang alami gagal panen dan sumber daya pengahasilan masyarakatnya yang belum mencukupi.
“Situasinya ini sedang sulit, karena daya beli masyarakat yang seret. Tapi enggak bisa dibilang semua ritel. Pasti yang turun sekali ini yang barang-barang yang bukan kebutuhan pokok. Kalau bahan pokok pasti masih bertahan duluan. Barang-barang yang sifatnya kebutuhan sekunder dan tersier, yang sifatnya mungkin untuk senang-senang,” kata kepada Media Jumat (2/11/2019).
Menurut dia, turunnya daya beli masyarakat tersebut salah satunya disebabkan karena belum maksimalnya serapan tenaga kerja.
“Kenapa turun daya belinya, karena tenaga kerja belum terserap dengan baik. Perputaran perekonomian kita di Lamteng ini kecil besarnya masih berpengaruh dengan suksesnya petani, ya memang ada konsumen kita dari berbegai daerah lain juga seperti dari Unit 2, Kota Bumi, Lampung Timur tapi itu tidak terlalu besar,” ungkap hanif.
Dia mencontohkan, salah satu penjualan pengusaha ritel yang tengah terpuruk yakni fashion. Ini lantaran saat ini, kecenderungan masyarakat menahan berbelanja.
“Seperti orang mau ganti handphone, nanti dulu lah, itu contoh. Jadi arahnya yang turun itu produk-produk yang bukan pokok. Seperti kalau bicara pakaian, itu turunnya (penjualan) antara 5-10%, tergantung pelaku usahanya,” terang hanif.
(Iswan)
Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.