DaerahHeadlineMalang

Desa Di Kepanjen Masuk Tiga Besar Lomba Desa Kabupaten Malang

Malang,mitratoday.com – Guna mengetahui sejauh mana desa-desa di Kabupaten Malang membangun dengan memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki, Pemerintah laksankan lomba desa.

Tidak hanya sekedar potensi saja, melalui lomba desa tersebut pemerintah ingin mengetahui transparansi dan akuntabilitas administrasinya dalam melayani masyarakat.

Dari 33 Kecamatan yang ada, tiga desa di tiga kecamatan masuk tiga besar nominasi lomba. Salah satunya adalah desa Ngadilangkung Kecamatan Kepanjen.

Hal ini dibenarkan Camat Kepanjen Eko Margianto, menjelaskan jika Desa Ngadilangkung menjadi wakil kecamatan Kepanjen di ajang lomba desa tingkat Kabupaten Malang.

Ia beralasan desa Ngadilangkung sengaja dipilih mewakili Kecamatan Kepanjen lantaran dari hasil seleksi, Pemdes Ngadilangkung dinilai mampu menata kelembagaan dengan baik. Selain itu penyusunan administrasi juga dinilai sangat rapi.

“Ya selain secara kelembagaan cukup bagus, termasuk hubungan antar lembaga yang ada di Ngadilangkung ini cukup bagus,” kata Eko Margianto, Selasa (29/3/2022).

Selain kelembagaan, Eko menilai pemberdayaan masyarakat dan UMKM nya dinilai lebih hidup.

“Sejauh ini di Ngadilangkung memiliki sebuah kawasan UMKM dengan produk kerajinan kulit dan jajanan tradisional. Bahkan itu sendiri sudah terdaftar PIRT.” Tandasnya.

Selain kawasan UMKM, Pemdes Ngadilangkung melalui Bumdes nya bekerja sama dengan pemerintah berhasil mengembangkan sarana rekreasi Taman Puspa di Jalan Soekarno menjadi sarana wisata.

“Meski diakui beberapa waktu lalu sempat terkendala pandemi Covid, hingga tidak beroperasi.” Tandasnya.

Untuk itu dirinya mengaku optimis, Desa Ngadilangkung akan menjadi yang terbaik pada pelaksanaan lomba desa tersebut. Sementara pihaknya akan melakukan berbagai penguatan dibeberapa bidang, diantaranya penataan kelembagaan, anggaran yang lebih tranparan dan akuntabel serta mengkoordinasikan dengan berbagai satuan perangkat daerah untuk memberikan berbagai pelatihan agar desa Ngadilangkung semakin maju.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button