DaerahMalang

Desa Di Malang Terima Sertifikat Desa Siaga Bencana BMKG

Malang,mitratoday.com – Salah satu desa di Kabupaten Malang menerima sertifikat dari BMKG yang diserahkan oleh Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto selasa (26/4/2022).

Kepala BMKG Malang Ma’muri kepada awak media mengatakan pemberian sertifikat tersebut sebagai bentuk sinergi dengan Pemkab Malang untuk terus memberikan mitigasi bencana di Kabupaten Malang. Alhasil dari mitigasi yang dilakukan dibeberapa desa, lanjut Ma’muri, desa di Kecamatan Sumbermanjing Wetan dinilai paling siap dan serius terhadap berbagai upaya penanganan bencana alam terutama gempa.

“Ini menjadi satu-satunya desa diantara 7 desa yang kita usulkanke UNESCO untuk menerima sertifikat serupa,”kata Ma’muri.

Desa tersebut lanjut Ma’muri adalah desa Tambakrejo Simbermanjing Wetan. Dia menilai sejauh ini dari hasil pembinaan yang kerap dilakukan didesa tersebut sudah mampu melakukan penanganan gempa secara mandiri. Hal ini terlihat dari hasil pelatihan dan simulasi yang dilakukan secara masif.

Menurutnya ada 12 indikator yang dijadikan dasar untuk menilai kesiapan menjadi desa siaga bencana.

12 indikator tersebut diantaranya desa tersebut mampu memetakan peta bahaya tsunami, maping jumlah warga terdampak, penyampaian informasi, edukasi, inventarisasi resiko bencana, kegiatan simulasi yang cukup intens dan indikator lainnya.

“Artinya 12 indikator ini harus tetap berjalan dan jangan mati suri, dan tugas kita untuk mengawal agar indikator tersebut tetap berjalan,”tutup Ma’muri.

Pewarta : Sigit

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button