AdvertorialBlitarDaerahHeadline

Di Bawah Kepemimpinan Hj Rini Syarifah-Rahmat Santoso, Kabupaten Blitar Kembali Raih Prestasi

Blitar,mitratoday.com – Di bawah kepemimpinan Hj Rini Syarifah-Rahmat Santoso, kali ini Kabupaten Blitar kembali raih Penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Terbaik se-Provinsi Jawa Bali dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada Rabu (14/9/2022).

Bupati Blitar, Hj Rini Syarifah menerima langsung Penghargaan tersebut dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Dr Ir Airlangga Hartarto pada Rapat Koordinasi Nasional dengan Daerah (Rakornasda) Pengendalian Inflasi Tahun 2022 di Surabaya.

Menko Bidang Perekonomian, Dr Ir Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada TPID Provinsi dan Kabupaten/Kota, atas upaya pengendalian inflasi dan inovasi kegiatan yang ditempuh untuk memperkuat startegi 4K.

“Strategi 4K yakni menjaga keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif,” kata Airlangga Hartato.

Dr Ir Airlangga Hartarto berpesan kepada para Kepala Daerah agar menggunakan anggarannya dalam pengendalian inflasi, khususnya memanfaatkan Dana Transfer Umum (DTU), minimal 2 persen.

“Kepala Daerah jangan ragu memanfaatkan anggaran dalam pengendalian inflasi, ini merupakan instruksi dari Presiden. Peraturannya juga sudah jelas dari Menteri Keuangan, sebagai upaya pengendalian inflasi pasca kenaikan harga BBM agar tidak ada gejolak inflasi yang signifikan,” Ungkapnya.

Selanjutnya, Bupati Blitar menyampaikan bahwa penghargaan tersebut merupakan hasil dari koordinasi, kolaborasi, dan kerjasama dari semua stakeholder terkait, dalam rangka pengendalian inflasi di Kabupaten Blitar.

“Tujuan utama TPID menjaga kesejahteraan masyarakat, melalui program unggulan, yaitu pemanfaatan aplikasi Pasar Rakyat Indonesia (PARI) dan perluasan
Kerjasama Antar Daerah,” Jelas Bupati.

Selain itu ia menjelaskan, program tersebut dalam rangka pengendalian inflasi daerah, dengan menjaga kelancaran distribusi telur ayam dan pemenuhan kebutuhan jagung guna mendukung eksistensi peternak di tengah pandemi.

“Program tersebut terselenggara karena merupakan digitalisasi yang bekerjasama dengan Bank BRI, untuk membantu pemasaran produk peternak dan petani di Kabupaten Blitar,” pungkasnya.

Dalam Rapat Koordinasi Nasional dengan Daerah (Rakornasda) Pengendalian Inflasi Tahun 2022 selain di hadiri Menko Bidang Perekonomian, juga hadir Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo, SH. MH, serta Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

Dengan di raihnya Penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Blitar Terbaik se-Jawa Bali dari Menteri Koordinator, ini merupakan prestasi dari kepemimpinan Duet Bupati Blitar, Hj Rini Syarifah dan Wakil Bupati Blitar, H Rahmat Santoso, SH.MH yang sudah beberapa kali meraih prestasi dalam tingkat nasional.(Adv-Novi)

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button